Astronot Amerika, Ikut Pemilu Meski Di Luar Angkasa

Nasional / 6 November 2008

Kalangan Sendiri

Astronot Amerika, Ikut Pemilu Meski Di Luar Angkasa

Puji Astuti Official Writer
3654

Dua astronot tak membiarkan jarak yang memisahkan mereka dengan Bumi jadi penghalang untuk memberikan suara dalam pemilihan presiden AS.

Sebagaimana dilaporkan DPA, Letnan Kolonel Mike Fincke dan personel Zeni Greg Chamitoff memberi suara mereka dari International Space Station yang berada 322 kilometer di atas Bumi dan mengorbit dengan kecepatan 28.200 kilometer per jam.

Pemberian suara dari antariksa dapat dilakukan melalui rancangan undang-undang 1997 yang disahkan oleh anggota Dewan Legislatif Teksas, karena hampir semua astronot tinggal di Houston, demikian antara lain isi pernyataan dari Badan Antariksa dan Penerbangan Nasional AS (NASA).

Johnson Space Center NASA melaksanakan pemungutan suara tertutup --melalui
surat elektronik yang dikirim dari meja petugas di Bumi.

Astronot tersebut kemudian memberi suara mereka dan suara yang diberikan dikirim ke Bumi melalui
surat elektronik juga.

"Meskipun kami berada jauh dari rumah saat kami mengorbit pada ketinggian 200 mil (322 kilometer) di atas planet kita yang indah, kami melaksanakan hak kami berdasarkan undang-undang," kata Fincke dalam pesan melalui video.

"Pemberian suara adalah pernyataan paling penting yang dapat dilakukan rakyat Amerika untuk melaksanakan hak untuk memilih pemimpin mereka. Jika kami dapat memberi suara, demikian juga dengan anda," katanya.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami