Warga Usia Di Atas 100 Tahun Bertambah

Serba-Serbi Sehat / 5 November 2008

Kalangan Sendiri

Warga Usia Di Atas 100 Tahun Bertambah

Lestari99 Official Writer
7797

\"\"Jumlah orang yang berumur di atas 100 tahun terus meningkat tajam di Jepang. Data terbaru menyebutkan Jepang sekarang mempunyai lebih 36 ribu orang berusia 100 tahun. Padahal ditahun 1963 hanya ada 153 orang berusia diatas 100 tahun. Mayoritas dari kalangan manula ini berjenis kelamin perempuan.

Para peneliti meyakini panjangnya usia itu disebabkan oleh makanan yang sehat, komunitas yang kuat, dan pelayanan kesehatan yang bagus. Saat ini ada 36.276 warga berusia di atas satu abad, atau bertambah 4.000 dari jumlah tahun lalu, kata laporan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan.

Jepang memiliki harapan hidup terpanjang di dunia, namun muncul kekhawatiran soal beban yang ditimbulkan pada masyarakat. Sistem pensiun dan layanan sosial di Jepang mengalami tekanan akibat jumlah warga lanjut usia yang terus bertambah.

Bertambah pesat

Wartawan BBC Chris Hogg dari Tokyo melaporkan, selama 40 tahun terakhir, jumlah orang yang hidup sampai usia lebih 100 tahun naik terus, dan kenaikan itu bertambah pesat dalam 10 tahun terakhir.

Akhir bulan ini jumlah wanita Jepang yang berusia di atas 100 tahun untuk pertama kali akan mencapai lebih dari 31 ribu jiwa. Laki-laki yang hidup sampai usia di atas 100 tahun, sekarang berjumlah 5.000 jiwa, ini juga merupakan rekor baru.

Pada pertengahan abad ini, jumlah penduduk Jepang yang berusia lebih dari satu abad, diperkirakan mencapai sejuta jiwa.

Ini menimbulkan tantangan baru. Meskipun mereka lebih sehat dan lebih aktif daripada sebelumnya, ada ketakutan bahwa banyaknya penduduk usia lanjut ini akan membebani negara. Para politisi sibuk memikirkan cara mendanai pensiun dan jaminan sosial.

Sedangkan warga yang masih muda takut bahwa beban pajak mereka semakin berat, dan ketika mereka memasuki usia pensiun, sudah tidak ada lagi anggaran untuk menanggung mereka.

Sumber : bbcindonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami