Vatikan, Calon Pastor Harus Lalui Tes Psikologi

Internasional / 2 November 2008

Kalangan Sendiri

Vatikan, Calon Pastor Harus Lalui Tes Psikologi

Puji Astuti Official Writer
5377

Terkait dengan ditemukannya banyak imam yang terbukti melakukan pelanggaran berupa pelecehan seksual atau yang kerap disebut dengan phedofilia, pihak Vatikan hari ini mengeluarkan kebijakan baru bagi calon pastor.

Vatikan mengusulkan diadakan ujian psikologis bagi para kandidat pastor. Diharapkan dengan ujian tersebut dapat dideteksi apakah seorang kandidat dapat mengendalikan nafsu seksualitasnya atau tidak, dan apakah yang bersangkutan memiliki kecenderungan pengimpangan seksual seperti homoseksual.

Seperti yang dilaporkan Radio Netherlands, Jumat(31/10), rencana ini adalah upaya Vatikan guna mengatasi berbagai skandal seks yang merusak reputasi Gereja Katolik Roma.

Berita tentang pelecehan seksual yang terjadi di gereja beberapa waktu terakhir ini banyak mewarnai pemberitaan di seluruh dunia. Korban yang melapor, kebanyakan adalah anak laki-laki.

Ditambahkan pula bahwa pihak Vatikan tidak akan mewajibkan tes tersebut, tetapi menyarankan kepada seminari untuk memakai metode ini apabila ada kecurigaan atau keraguan terhadap seorang kandidat. Bahkan apabila dalam tes tersebut dibutuhkan ahli dari luar maka ahli tersebut harus didatangkan.

Sumber : Christian Pos/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami