Mantan James Bond Terima Penghargaan Dari Prancis

Nasional / 30 October 2008

Kalangan Sendiri

Mantan James Bond Terima Penghargaan Dari Prancis

Puji Astuti Official Writer
3645

Aktor Inggris, Roger Moore, yang berperan sebagai agen rahasia sopan dan lembut James Bond sebanyak tujuh kali, memperoleh penghargaan Order of Arts and Letters, salah satu penghargaan tertinggi Prancis, dalam upacara di Paris, Selasa.

Menteri Kebudayaan Christine Abdanel, yang menyerahkan penghargaan itu kepada Moore, menyatakan ia merupakan legenda sejati, baik di dunia film maupun televisi.

"Prancis merasa berbahagia dan bangga memberikan penghargaan kepada seorang aktor legendaris dengan hati seperti samudera," tutur Abdanel seperti dilaporkan AFP.

Nama Moore mulai terkenal pada dekade 1960-an lewat serial televisi "The Saint". Ia juga pernah main bersama Tony Curtis dalam serial dasawarsa 1970-an "The Persuader", sebagai dua playboy kaya yang menyelidiki berbagai kejahatan.

Moore pertama kali bermain sebagai Bond pada 1973, dalam "Live and Let Die", menggantikan Sean Connery. Peran terakhirnya sebagai agen rahasia yang selalu dikelilingi gadis cantik itu pada 1985, lewat film "A View to a Kill".

Aktor berusia 81 tahun itu berada di Paris untuk mempromosikan memoarnya, yang baru saja diterbitkan.

Di Inggris, ia menerima gelar CBE, dari Ratu pada 1999 dan gelar bangsawan KBE pada 2003, sehingga nama lengkapnya menjadi Sir Roger George Moore KBE.

Sumber : Antara/vm
Halaman :
1

Ikuti Kami