Pemimpin Asia-Eropa Janji Reformasi Keuangan Global

Nasional / 27 October 2008

Kalangan Sendiri

Pemimpin Asia-Eropa Janji Reformasi Keuangan Global

Tammy Official Writer
4164
Pemimpin negara-negara Eropa dan Asia yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Asia dan Eropa (KTT ASEM), berjanji untuk secara komprehensif dan cepat, mereformasi sistem keuangan global, bersamaan dengan janji melakukan aksi bersama untuk menghadapi tantangan ekonomi yang tak terduga.

Demikian disampaikan dalam pernyataan resmi Tiongkok, yang menjadi tuan rumah pertemuan. Lebih dari 40 kepala negara menghabiskan hari pertama pertemuan, untuk membicarakan bagaimana mengakhiri konflik keuangan terburuk sejak depresi besar 1930, dengan tumbangnya pasar saham di seluruh dunia.

Disebutkan, bahwa para pemimpin yang hadir setuju untuk secepatnya melakukan inisiatif yang diperlukan. Tidak dilaporkan secara spesifik, dikatakan bahwa para memimpin ingin pengawasan, dan regulasi bagi semua yang terlibat dalam sistem keuangan harus ditingkatkan.

Asian Europe LeadersPara pemimpin itu juga menyerukan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk memainkan peranan dalam membantu negara-negara yang balik menderita, jika mereka meminta bantuan. Saat membuka pertemuan, Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao menegaskan bahwa Asia telah mendengar permintaan Eropa untuk bekerja sama.

"Menghadapi krisis membutuhkan aksi global, dan penyikapan bersama. Asia dan Eropa adalah kekuatan penting dalam menjaga stabilitas keuangan, dan mempromosikan pertumbuhan ekonomi. Kita harus bergandeng tangan untuk menunjukkan kepercayaan diri kita pada dunia," katanya.

Sementara itu, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, yang mewakili negara-negara Uni Eropa, menyerukan agar negara-negara Asia mendukung Eropa pada pertemuan krusial ekonomi di Amerika Serikat, bulan depan, dimana para pemimpin akan mendiskusikan cara mengakhiri krisis keuangan.


Sumber : suarapembaruan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami