Panduan Praktis Membeli Ponsel

Investment / 17 October 2008

Kalangan Sendiri

Panduan Praktis Membeli Ponsel

Lestari99 Official Writer
3733

Semakin beragam brand ponsel beredar, semakin banyak pula jenis ponsel yang ada di pasaran dengan fitur-fitur berbeda. Nah, bagi beberapa orang, ponsel bisa menjadi teknologi yang dapat membantu mobilitas mereka. Namun beberapa orang hanya ingin memanfaatkan teknologi sebatas agar mudah dihubungi. Anda sendiri yang mana? Agar Anda dapat memanfaatkan ponsel secara maksimal, berikut tipnya:

Ada tiga tipe dasar ponsel :

1. Ponsel budget. Ponsel yang murah dan pasti tidak mengeluarkan anggaran yang mahal.

  • Pro's:Harganya yang murah, dan teknologinya mudah diaplikasikan.
  • Con's:Karena harganya lumayan murah, maka teknologi yang digunakan pun sederhana. Hasilnya, hanya menghasilkan fitur-fitur standar untuk ponsel.

2. Ponsel Multimedia. Ponsel ini biasanya memiliki banyak fitur multimedia.

  • Pro's: Sangat entertaining karena memiliki banyak menu hiburan seperti mendengarkan musik, kamera dengan resolusi yang lebih besar dan bahkan melihat tv.
  • Con's: Karena fiturnya banyak, Anda butuh penyesuaian untuk menjalan aplikasi atau fitur-fitur yang ada.

3. Smart Phone atau disebut ponsel pintar. Ponsel ini memiliki banyak aplikasi yang dapat membantu pekerjaan Anda sebagai sosok professional dengan mobilitas tinggi.

  • Pro's: Biasanya disertai fitur keyboard QWERTY (keybord utuh seperti keyboard normal) dan kemampuan untuk mengakses internet dan e-mail. Tidak lagi membutuhkan fitur short text messaging (sms) meski fitur tersebut tetap ada.
  • Con's: Harganya yang mahal dan bentuknya yang cenderung lebih besar dan berat.

Tentukan Prioritas.

1. Kualitas Suara

Sebelum Anda membeli sebuah ponsel yang diinginkan, coba untuk menelpon dengan ponsel tersebut dan nilai kualitas suaranya. Cek juga apakah ponsel tersebut dapat menerima sinyal semua operator atau hanya operator tertentu saja.

2. Data plan

Anda akan memerlukan data plan jika Anda menginginkan ponsel yang dapat mengakses e-mail atau browse internet. Jika Anda menggunakannya untuk keperluan kantor atau email kantor, tanyakan dulu ke IT Department kantor Anda untuk rekomendasi ponsel yang sesuai.

3. Fitur-fitur Multimedia

Bagi Anda yang lebih menginginkan entertainment using, satu prioritas adalah kamera. Beberapa ponsel memiliki resolusi pixel sampai 5 megapixel sehingga menghasilkan gambar resolusi tinggi. Jika Anda memiliki ponsel ini, pastikan juga adanya media card slot, untuk menambah kapasitas penyimpanan data musik, video atau games dan hasil foto Anda.

4. Talk time

Nah, satu yang harus diperhatikan adalah kekuatan baterei ponsel. Banyak ponsel yang memiliki fitur lengkap namun kekuatan baterei tidak bisa bertahan hingga satu hari.

Jika Anda sudah tahu apa yang Anda butuhkan, Anda akan lebih selektif dalam membeli ponsel dan tidak hanya berdasarkan tipe terbaru saja.

Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami