Hidup Rukun Bebaskan Diri Dari Serangan Jantung

Psikologi / 13 October 2008

Kalangan Sendiri

Hidup Rukun Bebaskan Diri Dari Serangan Jantung

Puji Astuti Official Writer
7235

Hidup rukun dengan sesama bisa menyelamatkan Anda dari serangan jantung. Inilah hasil studi terhadap 9.000 pegawai negeri sipil Inggris yang dibuat Archives of Internal Medicine.

Menurut laporan Reuters, ditemukan bahwa stres, permusuhan, dan hubungan yang diwarnai pertengkaran dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Peluang terkena serangan jantung dan nyeri dada pada orang yang terlibat dalam sebuah hubungan yang penuh konflik dengan sesama meningkat 34 persen dibandingkan orang yang hidup rukun dengan teman atau pasangan.

 

"Kondisi jantung seseorang tampaknya dipengaruhi oleh hubungan dekat yang negatif. Kami menunjukkan bahwa aspek negatif sebuah hubungan ternyata berkaitan dengan penyakit jantung koroner," tulis para peneliti. Riset lain menunjukkan bahwa hubungan sosial yang lebih baik dapat menyehatkan jantung.

 

Hidup rukun akan membuat Anda menjalani hari-hari tanpa stress, lebih bahagia dan seperti kata pemazmur dalam Alkitab, hidup akan diberkati. Karena dimana orang-orang hidup rukun bersama, kesanalah berkat Tuhan dicurahkan. Dan inilah yang dinasihatkan Rasul Paulus kepada jemaat di Roma yang juga sangat aplikatif dalam hidup setiap orang percaya saat ini, "Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!" (Roma 12: 18).

Sumber : kompas/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami