1.000 Kolektor Dunia Berburu Lukisan Seniman Indonesia Di Hongkong

Nasional / 3 October 2008

Kalangan Sendiri

1.000 Kolektor Dunia Berburu Lukisan Seniman Indonesia Di Hongkong

Tammy Official Writer
12830
Sekitar 1.000 kolektor dari seluruh dunia, khususnya Asia Tenggara, Taiwan, Tiongkok, Hong Kong, Amerika, dan Eropa, akan datang ke Hong Kong untuk memburu lukisan-lukisan para seniman Indonesia, termasuk karya sang maestro Affandi dalam lelang yang digelar oleh Balai Lelang Sotheby's, Senin (6/10) mendatang.

Seperti dijelaskan konsultan Balai Lelang Sotheby's, Deborah C Iskandar kepada SP di Jakarta, Sabtu (27/9), hampir seluruh lukisan dari karya para seniman Indonesia, khususnya Affandi yang merupakan seniman paling penting Indonesia di era seni rupa modern, sangat mendapat perhatian besar dari para kolektor di dunia.

Lukisan Affandi"Sebut saja, nama Affandi atau Hendra Gunawan, dan para seniman-seniman modern Indonesia lainnya, merupakan orang-orang yang karyanya sangat berpengaruh pada perkembangan seni rupa di Indonesia. Merekalah seniman yang mengawali terbitnya lukisan kontemporer Indonesia. Tidak heran kalau karya-karya mereka selalu ditunggu-tunggu oleh setiap kolektor dalam setiap lelang," kata Deborah, perempuan asal AS yang sudah 17 tahun menetap di Indonesia itu.

Deborah menambahkan, ketika pihaknya mengumumkan akan menggelar lelang di mana terdapat puluhan lukisan para seniman Indonesia, baik yang modern maupun kontemporer, sambutan hangat sudah berdatangan dari para kolektor. Bahkan, mereka sudah memesan nomor sehingga mereka yang tidak bisa datang, dapat membeli lukisan melalui telepon.

"Hong Kong merupakan pusatnya lelang di Asia. Jadi, tidak heran kalau ada lelang di Hong Kong, hampir seluruh kolektor di dunia ini berkumpul di sana. Untuk mengantisipasi membludaknya jumlah kolektor yang datang, termasuk dari Indonesia, kami menyediakan 1.000 kursi di Cathay Financial Conference Hall, Hong Kong, 6 dan 7 Oktober nanti," ujar dia.

Sotheby'sDalam lelang nanti, sang maestro kelahiran Cirebon, Affandi, menampilkan tiga lukisannya, yaitu Ginza, Boulevard Du Montparnasse, dan Sungai di India. Dari tiga lukisan itu, lukisan bertema Ginza yang dibuat Affandi ketika sedang melakukan lawatan dan pameran di Tokyo, Jepang tahun 1970, mendapat harga yang paling tinggi.

Tingginya harga tentu saja dilihat dari kualitas lukisannya. Pada Ginza ini, Affandi sepertinya benar-benar melampiaskan seluruh ekspresinya terhadap suasana Kota Ginza yang begitu sibuk, namun tetap memberikan ketenangan.


Sumber : suarapembaruan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami