Kedahsyatan Babi Guling Bali di Kelapa Gading

Entertainment / 26 September 2008

Kalangan Sendiri

Kedahsyatan Babi Guling Bali di Kelapa Gading

yosefel Official Writer
10106

Babi guling ala Bali adalah salah satu masakan favorit saya. Saya langsung jatuh cinta sejak pertama kali mencoba babi guling di pinggiran jalan menuju lUbud - Bali. Salah satu warung babi guling terbaik di Bali - versi saya.

Jadi, suatu malam, ketika pulang dari Mal Kelapa Gading, saya melihat di sisi jalan Bulevar ada sebuah kedai makan. Warung Tengil namanya. Dengan gambar kartun babi sebagai maskotnya. Babi guling Bali? Wew... Harus dicoba! Apalagi ketika melewatinya, tempat ini terlihat penuh sekali. Ramai = Potensial enak.

Interior super sederhana disengaja untuk memperjelas kesan tradisionalnya. Paduan seng bekas (terlihat dari sebagian yang berkarat), anyaman bambu bernuansa cokelat tua, kap lampu bambu, sayangnya harus bertabrakan dengan sangat anehnya dengan lampu kristal - walaupun cahayanya tetap remang. Lupakan masalah interior. Saya ke sini mau makan kok! Dan inilah yang saya pesan...



Nasi Babi Guling Pisah
Datang dalam porsi yang besar. Daging babi yang luar biasa menggoda - sebelumnya memang sudah dijelaskan oleh mbak waitress, bahwa pada porsi pisah ini, lauknya akan lebih banyak jika dibanding dengan porsi campur. Beberapa potong jeroan babi yang digoreng, sayur urap, kerupuk kulit babi, dan 2 keping kulit babi guling, ikut menemani si daging babi guling yang berlumuran bumbu. Yummm! Membangkitkan selera, Pokoknya. Tekstur daging babi terasa lembut. Bumbunya? Well done. Bisa disejajarkan dengan yang di tepi jalan arah Ubud. Meski gorengan jeroan tidak segaring di sana, tapi nyatanya justru menjadi point lebih. Karena tidak menghilangkan rasa si jeroan itu, pada akhirnya. Sayur urapnya biasa, tidak spesial. Kulit babinya, jauh dari crispy. Nyaris liat, malah. Sayang. Padahal, lapisan lemak di bawahnya tipis sekali. Kalau saja diolah atau disimpan dengan lebih tepat, saya yakin, bisa jadi akan mengalahkan kulit babi guling yang asli Bali.

Sate Babi
Saya pesan 4 tusuk saja. Setiap tusuk berisi 3 potong besar babi dengan warna cerah, dan disiram oleh sambal "matah". Merah mengkilap, berminyak, dengan aroma pedas yang dahsyat. Dan ternyata, selain pedas, memang rasanya pun enak sekali. Irisan bawang merah dalam porsi besar tidak membuat sambal ini jadi melulu rasa bawang. Komposisinya tepat. Pedas dan mengundang untuk terus menyirami nasi dengan minyaknya. Slurp!

Sup
Sup ini adalah bagian dari pesanan Babi Guling dan Babi Bambu Bakar. Sup yang sangat sederhana. Kaldunya clear, tidak berat. Berisi sepotong iga babi dengan daging tipis melekat pada tulang. Sedikit potongan daun bawang dan sejumlah helai daun kemangi membuat kuah sup tidak terlihat terlalu polos. Cocok untuk membersihkan kerongkongan dari bumbu-bumbu yang melekat sebelumnya dari Babi Guling.

Bagi Anda para pecinta masakan yang mengandung Babi, WAJIB rasanya Anda mampir dan membuktikan kedahsyatan Warung Tengil - Kelapa Gading.

Sumber : ysd
Halaman :
1

Ikuti Kami