Perekam Video Pribadi Cewek Di Kamar Apartemen Dibekuk

Nasional / 24 September 2008

Kalangan Sendiri

Perekam Video Pribadi Cewek Di Kamar Apartemen Dibekuk

Tammy Official Writer
7800
Berakhir sudah petualangan Thomas Daley (45) dalam urusan mengintip cewek. Pemilik sejumlah apartemen di Philadelphia, AS, itu ditangkap polisi setelah tertangkap basah menanam kamera tersembunyi di kamar cewek penyewa apartemennya selama puluhan tahun.

Daley disangka merekam, memasuki wilayah privasi orang, dan melakukan kejahatan peralatan telekomunikasi. Polisi menemukan banyak kamera tersembunyi di belakang cermin, lemari, dan kipas angin di langit-langit kamar. Bahkan, kamera tersembunyi dan peralatan audio ditemukan di tempat tidur, kamar mandi, dan kamar tamu pada sedikitnya tiga apartemen milik Daley di Norristown. Sebanyak 16 apartemen telah diselidiki kemungkinan adanya kamera tersembunyi. Belum diketahui berapa total apartemen milik Daley.

"Dia memiliki sistem terpadu via internet untuk mendapat gambar video atau audio ketika seseorang di apartemen menyalakan lampu atau kipas angin," kata Jaksa Distrik County Montgomery, Risa Ferman, Senin (22/9). Menurutnya, tidak ditemukan kamera di apartamen yang disewa pria.

Hidden CameraFerman enggan menjelaskan berapa banyak apartemen milik Daley yang ditanami kamera. Namun, polisi menerima banyak pengaduan dari para wanita mantan penyewa apartemen milik Daley. Mereka mengaku menjadi korban. "Ini sungguh seperti puncak gunung es dalam kasus lebih besar lagi," kata Ferman.

Daley yang dibekuk, Jumat (19/9), mengatakan, ulah bejatnya itu sudah berlangsung 20 tahun. Polisi juga menyita sejumlah video dan DVD. Polisi mulai menyelidiki kasus ini setelah seorang penyewa menemukan kamera di apartemennya. Kabel kamera itu terhubung dengan sistem perekam di lantai dasar. Penahanan Daley ditangguhkan setelah membayar uang tunai 1 juta dollar AS (sekitar Rp 9,3 miliar). Ia akan menjalani sidang pertama pada 29 September.

Di tengah kemajuan teknologi masa sekarang, tanpa disadari telah mengambil bagian privasi dari setiap orang. Setiap orang kiranya waspada ketika berhubungan dengan orang asing terutama ketika berhubungan dengan hal privasi seperti kasus ini. 

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami