Cucu Presiden Akan Tinggal Di Istana Negara

Nasional / 19 August 2008

Kalangan Sendiri

Cucu Presiden Akan Tinggal Di Istana Negara

Puji Astuti Official Writer
5495

Keluarga putra sulung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kapten (Inf) Agus Harimurti Yudhoyono bersama istrinya Anissa Larasati Pohan baru saja di karunia seorang putri. Cucu Presiden ini diberi nama, Almira Tunggadewi Yudhoyono, yang akan dipanggil "Aira" dan selama 40 hari akan tinggal sementara di Istana Negara, Jakarta. Menurut Agus, dalam keterangan pers, di lantai 6 Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (18/8) siang, hal itu untuk memudahkan pengawasan dokter atas istrinya yang baru sehari menjalani operasi Caesar saat melahirkan bayinya itu. Agus sendiri mengaku akan tetap bertugas di Batalyon Infantri Lintas Udara 305 Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad), Karawang, Jawa Barat.

"Namun, selama tiga sampai empat hari ini, istri saya masih dirawat di RS Pondok Indah ini," ujar Agus, yang dalam keterangan pers didampingi ayah dan Ibunya, Presiden Yudhoyono dan Ibu Negara Kristiani Herawati serta adiknya Ibas, akan tetapi tidak ditemani mertuanya Aulia Pohan, mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia. Anissa sejak Sabtu (16/8) sore pukul 16.00, sudah masuk ke suite room kamar 3402 rumah sakit elit di kawasan Jakarta Selatan itu.  

Setelah 40 hari, tambah Agus, ia dan keluarganya akan pindah dan tinggal di asrama. Presiden Yudhoyono mendukung rencana Agus untuk tinggal di asrama. "Seperti halnya ketika Agus dan Ibas masih kecil, saya dan istri saya tinggal di asrama yang kecil dan sederhana. Dengan begitu, lingkungan yang bersahaja akan menjaga dan membina cucunya memiliki sosok karakter yang sederhana," lanjut Presiden.

Adapun Ibu Negara menambahkan saat proses operasi menantunya, di mana ia dan Agus berada di kamar operasi, sesegera mungkin meletakan cucunya yang baru lahir itu untuk dibersihkan sekadarnya, dan ditempelkan ke puting Annisa untuk inisiasi atau mendapatkan air susu ibu (ASI) pertama kali atau yang disebut (colustrum). Namun, tidak berhasil. "Karena saya harus menghadiri Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, saya harus meninggalkan cucu saya. Akan tetapi, saya mendengarnya Aira akhirnya berhasil mendapatkan colustrum tersebut dari ibunya," papar Ibu Negara.

Sumber : Kompas/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami