Setitik Inspirasi Agar Keluarga Langgeng

Marriage / 9 August 2008

Kalangan Sendiri

Setitik Inspirasi Agar Keluarga Langgeng

Purnama Sari Dewi Gultom Official Writer
5569

Sudah menjadi impian setiap pasangan ketika memutuskan untuk saling mengikat diri dalam tali suami-istri, mengharapkan keluarga yang dibangunnya akan langgeng.

Dari banyak artikel tentang keluarga langgeng, menunjukkan bahwa setiap pasangan punya caranya sendiri untuk tetap langgeng.

Berangkat dari berbagai pengalaman pribadi dan hasil interaksi yang lama, setiap pasangan ternyata mampu mengembangkan dan menemukan cara yang paling pas untuk menjaga keseimbangan dalam rumah tangganya.

\"\"Jadi, masukan dari luar yang sifatnya anjuran, tuntunan praktis, kiat, tips atau mungkin dengan nama yang lain hanya akan menjadi inspirasi bagi setiap pasangan yang menerimanya. Karena pada dasarnya, setiap pasangan punya karakteristiknya sendiri.

Bahkan, pasangan Arrowsmith dari Inggris yang memegang rekor (Guinness World Records) pernikahan terlama bagi pasangan yang masih hidup dan pasangan usia tertua yang masih berkumpul, pernah menyatakan bahwa rahasia pernikahan mereka adalah jangan tidur dalam kondisi bercekcok, selalu berbagi ciuman dan berpegangan tangan sebelum tidur. Terlihat sederhana kan.. Tapi nyatanya cara itulah yang pas bagi mereka.

Suatu penelitian terhadap 100 pasangan berbahagia dan tidak bahagia yang telah dilakukan di Malaysia, mungkin dapat menjadi setitik inspirasi untuk membantu Anda dan pasangan menemukan cara paling pas menjaga keluarga agar tetap langgeng.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pasangan yang melaksanakan cara di bawah ini dapat menjalani hidup berumah tangga dengan langgeng dan bahagia.

Kencan merupakan saat paling penting. Lewat berkencan, seperti makan malam, nonton atau sekadar berbincang-bincang, kita dapat lebih mengenal karakter masing-masing pasangan. Sayang, hal seperti itu menjadi jarang dilakukan setelah pasangan menikah. Karena itu, atur waktu untuk berkencan dengan \"\"pasangan. Sekali-sekali kan tidak ada salahnya meninggalkan anak dan rutinitas pekerjaan rumah tangga untuk bersenang-senang. Atau pilihlah aktivitas lainnya yang dapat menyenangkan hati. Kadang-kadang ide gila bisa jadi yang paling baik.

Saling percaya dan menghargai. Agama, kepercayaan, filosofi, nilai-nilai, latar belakang budaya dan pengalaman dapat membentuk kepribadian dan identitas diri. Hal itu dapat memperkuat dan melemahkan hubungan perkawinan. Jika masing-masing pasangan mempunyai perspektif berbeda, bicarakan dengan gamblang dan terus terang sebelum masalah itu berubah menjadi perseteruan. Lakukan negosiasi agar hidup berjalan nyaman. Hargai perbedaan masing-masing dan hadapi setiap perbedaan dan masalah sebagai sebuah tim.

Harapan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya latar belakang keluarga, hubungan di masa lalu, etnis dan agama. Harapan setiap orang tentu berbeda satu sama lain. Sebab itu, pahami harapan pribadi dan pastikan masih masuk di akal. Ekspresikan harapan dengan jelas terhadap pasangan agar tidak menimbulkan dugaan-dugaan yang tak perlu.

Tangani semua persoalan secara positif. Konflik merupakan bagian dari suatu hubungan. Tidak jarang lelaki dan perempuan menangani ketidaksepakatan dengan cara berbeda. Padahal, sesungguhnya mereka menginginkan kesamaan dalam suatu hubungan. Sebagai contoh, suami ingin sang istri meninggalkan pekerjaan dan tinggal di rumah mengurus anak-anak, sementara alasan istri bekerja adalah untuk menunjang perekonomian keluarga. Jika hal itu menimbulkan masalah, dengarkan apa yang menjadi perhatian masing-masing dengan tenang dan konstruktif. Hargai pendapat masing-masing. Jika tidak mendapatkan titik temu, atur waktu untuk mencari tempat yang nyaman untuk membicarakan masalah itu lebih mendalam. Jika tidak mendapatkan solusi, beri tenggang waktu dan bersabarlah untuk memperkukuh tali perkawinan.

\"\"Saling memaafkan. Penelitian menunjukkan bahwa kemarahan dan kebencian merupakan pemicu hancurnya perkawinan. Kebencian hanya membuat pasangan saling menyakiti. Ketika seseorang sudah terikat dalam suatu lembaga perkawinan, mereka harus lebih bertanggung jawab dengan apa yang telah dilakukan. Beri tahu pasangan bahwa yang diinginkan adalah kebenaran. Tunjukkan usaha yang sungguh-sungguh untuk memperbaiki suasana. Jika merasa disakiti, maafkan dan ambil langkah untuk introspeksi diri. Tidak kurang penting, sadarilah bahwa tidak ada manusia yang sempurna.

Teguh terhadap janji pernikahan. Komitmen merupakan unsur terpenting dalam suksesnya sebuah perkawinan. Suatu perkawinan dapat bertahan lama jika pasangan memiliki komitmen pada hubungan harmonis, serta dapat menerima pasangan apa adanya. Bagi pemula, tempatkan perkawinan di atas segalanya. Jangan pernah mengeluarkan ancaman pada pasangan dengan kata-kata cerai. Keinginan menjalankan hidup bebas atau selingkuh dapat membuat hilangnya rasa percaya dan keyakinan. Sebaliknya, pelihara visi dengan cara menjunjung tinggi tujuan dan impian masa depan bersama.

Selamat berkreasi bersama pasangan. Temukan cara paling pas bagi Anda berdua, menjaga keluarga tetap langgeng dan bahagia milik Anda berdua.

Sumber : perempuan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami