How Full Is Your Bucket ? Software Positif Untuk Produktifitas

Book / 9 July 2008

Kalangan Sendiri

How Full Is Your Bucket ? Software Positif Untuk Produktifitas

Tammy Official Writer
5493
How Full Is Your Bucket ?

Seberapa Penuhkah Ember Anda ?
Tom Rath & Donald O. Clifton, Ph. D mengemukakan teori ember dan ciduk sebagai analogi antara pikiran dan produktifitas dalam buku How Full Is Your Bucket ? yang menarik ini. Dengan sub-tema Software Positif untuk Meningkatkan Hubungan, Produktivitas, Kesehatan, dan Panjang Umur, buku ini bisa mengecoh peminatnya dengan mengira akan mendapatkan CD Software yang berisikan program untuk peningkatan produktifitas (productivity improvement). Meskipun bukan begitu, tetapi materi buku ini dengan analogi yang menarik tersebut benar - benar memberi pemahaman baru mengenai produktifitas dengan alur yang asyik.

Ada kaitan antara interaksi kita dengan orang lain dengan produktifitas kita. Bagaimana perasaan Anda setelah interaksi terakhir Anda dengan orang lain ? Apakah orang tersebut - pasangan hidup, sahabat, rekan kerja Anda, atau bahkan seseorang yang asing - " mengisi ember Anda" dengan membuat Anda merasa lebih positif ? Atau apakah orang tersebut "menciduk dari ember Anda," menyebabkan Anda menjadi lebih negatif dari sebelumnya ?

How Full Is Your Bucket ?
Dalam buku ini, dikemukakan bagaimana interaksi - interaksi singkat dapat mempengaruhi hubungan, produktifitas, kesehatan, dan panjang umur. Setiap orang memiliki ember yang tak tampak-mewakili keadaan psikologis manusia. Seseorang akan berada dalam keadaan terbaik ketika ember penuh dan sebaliknya dalam keadaan terburuk ketika ember-ember itu kosong. Setiap orang juga memiliki ciduk tak tampak. Dalam setiap interaksi, setiap orang dapat menggunakan ciduknya untuk mengisi atau mengosongkan ember milik orang lain.

Sepintas teori ini kedengarannya aneh, tapi sebenarnya tidak jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa kritik, sikap merendahkan, menghina dan sebagainya berakibat sangat buruk bagi keadaan psikologis orang tersebut. Saat kita melakukan hal tersebut, sadar maupun tidak, kita telah ‘menciduk' emosi positif dari orang tersebut.

How Full Is Your Bucket ?Buku ini adalah pilihan tepat untuk membantu kita dalam menjalankan misi mulia-mengisi ember orang-orang di sekitar kita. Emosi positif tidak hanya dalam bentuk pujian saja; humor, kepedulian, pertolongan adalah beberapa hal yang disarankan. Buku ini juga menjamin, emosi positif yang kita berikan untuk orang lain bukannya akan menjadi sia-sia. Teori ciduk dan ember juga menyebutkan bahwa, kapan pun kita memilih untuk mengisi ember-ember orang lain, pada gilirannya, kita mengisi milik kita sendiri.

HOW FULL IS YOUR BUCKET ?
Software Positif untuk Meningkatkan Hubungan, Produktivitas, Kesehatan, dan Panjang Umur
Penulis :
Tom Rath & Donald O. Clifton, Ph, D
Penerbit : Trans Media Pustaka
Halaman : 130 hal.


Halaman :
1

Ikuti Kami