China Digoncang Gempa, 10 Ribu Orang Tewas

Nasional / 13 May 2008

Kalangan Sendiri

China Digoncang Gempa, 10 Ribu Orang Tewas

Puji Astuti Official Writer
5336
 Bencana kembali membuat dunia berduka, kali ini China yang dirundung malang. Hampir 10 ribu orang tewas akibat gempa yang mengguncang di sebelah barat daya China, demikian keterang pejabat setempat.

Gempa dengan kekuatan 7,9 skala richter pada Senin siang, menyisakan reruntuhan sekolah, rumah, dan pabrik yang hancur. Para petugas bekerja sepanjang malam mengangkat mayat-mayat yang terkubur dalam reruntuhan.

Gempa ini berpusat di propinsi Sichuan, kawasan terparah adalah wilayah Wenchuan, sebuah wilayah perbukitan dengan 112 ribu penduduk yang berjarak 100 km dari Chengdu, ibukota Sichuan.

Sekitar 900 orang siswa dikabarkan terkubur di bangunan sekolah tiga lantai di Dujiangyan, Sichuan.

Perdana Menteri Wen Jiabao bergegas ke lokasi dan tiga kali membungkuk sebagai tanda berduka di hadapan sekitar 50 mayat yang telah berhasil di keluarkan dari reruntuhan, demikian laporan kantor berita Xinhua.

"Tidak satu menitpun boleh disia-siakan," kata Wen dalam sebuah tayangan televise. "Satu menit, satu detik, bisa berarti satu nyawa anak-anak."

Lebih dari 7 ribu orang kemungkinan tewas di Kawasan Otonomi Beichuan Qiang, Sichuan. Bangunan hancur mencapai 80 persen, ungkap televisi Sinchuan. Beichuan berpenduduk 161 ribu jiwa yang berarti satu dari setiap 10 orang di tempat itu cedera atau tewas.

Bencana demi bencana sepertinya datang tanpa jeda. Di belahan dunia manapun, seakan tidak ada tempat aman untuk berlindung. Dalam kondisi seperti ini, tempat aman bagi orang percaya hanya dalam perlindungan tangan Tuhan.

Saat dunia sedang dirundung duka, inilah waktunya untuk orang percaya menjadi terang dan garam. Nyatakan kepedulian dengan tindakan nyata, menolong mereka yang dirundung malang. Ulurkan tangan Anda menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menyatakan kasih-Nya.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami