Menghapuskan Kompetisi
Kalangan Sendiri

Menghapuskan Kompetisi

Admin Spiritual Official Writer
      8242
1 Tesalonika 5:18
Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 98; Lukas 10; Yosua 7-8

Tesco, salah satu jaringan supermarket terbesar di Inggris, mengamankan bisnis mereka dengan cara membeli tanah seluas-luasnya di sekitar area supermarket Tesco di semua kota. Tujuannya sederhana supaya tidak ada pesaing yang dapat membuka supermarket lain di sekitar sana. Berkat strategi ini, Tesco bukan hanya menjadi raja supermarket di seluruh Inggris, tapi juga menjadi salah satu institusi pemilik tanah terluas.

Strategi ini menuai kritikan bukan hanya dari kompetitor dan lembaga fair trading tapi juga dari konsumen Tesco sendiri. Seorang konsumen, misalnya, membandingkan Tesco di pinggir kota yang bebas pesaing dengan Tesco pusat kota yang letaknya tepat berhadapan dengan supermarket kompetitor, Sainsburry. Hasilnya, ia menemukan bahwa Tesco di pusat kota menyediakan lebih banyak stok barang promosi, melayani lebih baik dan memberi jaminan "uang kembali" untuk barang yang salah harga. Sedangkan Tesco di pinggir kota menganut paham, "Kalau tak suka, pergi saja." Tidak adanya kompetisi membuat mutu pelayanan Tesco di pinggir kota memburuk.

Kompetisi memang bukan hal yang menyenangkan karena kita dipaksa untuk terus waspada, berinovasi dan menjadi yang lebih baik. Tapi tanpa adanya kompetisi, standar yang kita terapkan dengan mudah kedodoran dan kita menjadi terlalu cepat berpuas diri.

Hari ini, alih-alih berdoa meminta Tuhan menghapuskan pesaing Anda, mari bersyukur karena Tuhan mengizinkan mereka ada dalam hidup Anda untuk memacu Anda bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Bersyukurlah dalam segala hal, termasuk saat menghadapi kompetisi.

Ikuti Kami