Hilangkan Ketagihan Gula

Info Sehat / 25 February 2008

Kalangan Sendiri

Hilangkan Ketagihan Gula

Lestari99 Official Writer
7655

Seorang ahli nutrisi di Truestar Health, Sofia Segounis mengatakan bahwa ketagihan terhadap gula disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan dalam hormon insulin. Insulin merupakan hormon yang mengontrol tingkat gula darah. Semakin banyak konsumsi gula, semakin banyak pula hormon insulin yang dikeluarkan oleh tubuh untuk mengubah gula menjadi energi.

Setelah Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, Anda akan mengalami tambahan energi. Namun kondisi ini tidak bertahan lama. Karena tubuh telah terbiasa memiliki tingkat gula darah yang tinggi, maka tingkat gula darah yang turun membuat Anda semakin ketagihan gula. Terlalu banyak gula akan menyebabkan Anda merasa moody, mudah lelah dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda ingin bebas dari ketagihan terhadap gula, ikuti delapan tips berikut ini:

Menu Makanan Yang Seimbang

Gula dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi putih dan pasta akan segera diubah ke dalam gula darah dan menyebabkan tingkat insulin naik. Karena itu, menu makan sebaiknya terdiri dari protein, karbohidrat dan lemak yang seimbang pada setiap kali makan. Protein dan lemak memperlambat penyerapan karbohidrat dalam aliran darah, memberikan energi yang stabil dan menjaga tubuh fit lebih lama.

Makan Sedikit Tapi Sering Sepanjang Hari

Makan secara teratur memberikan tubuh energi sepanjang hari dan mengatur tingkat gula darah karena gula dapat masuk aliran darah secara bertahap. Pilihlah makanan yang tinggi kandungan serat. Semakin tinggi kandungan serat, semakin lambat gula masuk aliran darah.

Konsumsi Vitamin Dan Suplemen

Tablet vitamin C berperan membantu mengontrol ketagihan gula. Vitamin C alami banyak ditemukan dalam jeruk dan buah kiwi. Chromium membantu tubuh menjaga tingkat aliran darah dan banyak ditemukan secara alami dalam sereal, ragi bir dan jenis padi-padian. Sementara magnesium juga membantu mengatur tingkat gula darah dan banyak ditemukan dalam kacang, padi-padian, sayuran berdaun hijau, ikan dan daging.

Minum Teh Herbal

Teh herbal buah-buahan seperti orange peach, strawberry, raspberry dan cranberry terasa manis tanpa tambahan gula. Teh hijau memang tidak terasa manis tapi teh mengandung keuntungan lain yakni antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Membaca Label

Ada kadar gula tersembunyi yang mungkin tidak disadari seperti fruktosa (gula yang ditemukan dalam madu), glukosa (gula yang banyak ditemukan dalam makanan karbohidrat) dan sukrosa berarti makanan tersebut mengandung gula. Hati-hati dengan label "fat free". Gula kadang digunakan untuk mengganti rasa yang hilang ketika lemak tidak ada.

Pilihlah Pemanis Alami

Pemanis alami merupakan alternatif terhadap gula penyulingan. Pemanis alami ini banyak ditemukan dalam bentuk sirup dan merupakan bentuk "yang lebih sehat" dari gula dengan nutrisi yang lebih banyak dibanding gula biasa. Pemanis alami tidak dilepaskan dalam aliran darah secepat gula sulingan.

Minum Banyak Air

Yakinlah tubuh mendapat suplai air yang cukup karena hal ini akan mengekang keinginan untuk makan sesuatu apakah itu gula atau lainnya. Karena itu, minumlah air untuk menurunkan kecenderungan memilih makan ringan yang manis.

Hindari Godaan

Batasi keinginan saat pergi ke toko untuk membeli makanan yang mengandung gula. Alihkan perhatian Anda ketika melihat makanan berkadar gula tinggi, pilihlah buah-buahan dan sayuran.

Sumber : vision
Halaman :
1

Ikuti Kami