3 Kunci Menuju Kesuksesan Sejati

Investment / 28 November 2007

Kalangan Sendiri

3 Kunci Menuju Kesuksesan Sejati

yosefel Official Writer
7552

Untuk menghadapi ketidakpastian dan ketidaktentuan pada masa sukar seperti sekarang ini serta bagaimana meraih kesuksesan maka kita perlu memiliki tiga kunci utama menuju kesuksesan sejati. Tentunya masih banyak kunci-kunci kesuksesan lainnya yang bisa dikembangkan untuk dapat dipraktekkan, namun pada kesempatan kali ini kita akan bahas tiga hal sebagai berikut:

1. The PERCEPTION (Cara Pandang)
2. STRESS MANAGEMENT (Mengelola Stress)
3. The Power of ADAPTABILITY (Kemampuan Adaptif)


The PERCEPTION (Cara Pandang)

"Wealth is not only what you have, but also what you are." Dennis Waitley

Jadi apa yang menjadi cara pandang kitalah yang akan menentukan keberhasilan, karena hal ini akan menentukan setiap langkah yang ingin ditempuh. Seorang atlet lari akan berhasil menginjak garis finish apabila ia dapat mengarahkan pandangannya ke depan, bukan ke belakang. Selama seorang atlet masih mampu berfokus pada apa yang di depan maka ia akan memiliki kesempatan yang sama dengan pelari-pelari lainnya untuk mencapai garis akhir.

Tetapi kita harus ingat apa yang ingin kita capai di depan juga ditentukan dengan apa yang pernah terjadi di belakang. Pelatihan, kerja keras, kegagalan, ketidak berhasilan, kesengsaraan, ketidakmampuan mungkin pernah di alami, tetapi untuk bisa berhasil maju ke depan sangat tergantung seberapa baiknya kita mengelola masa lalu tersebut.

Harus dicatat pula kita sebagai manusia biasanya lebih terikat pada masa lalu, atau sering terpengaruh pada sejarah yang sudah lewat. Masa lalu penuh kegagalan dan ketidak berhasilan yang pernah dialami sering tidak dapat kita lupakan begitu saja, atau bahkan sebaliknya tidak sedikit orang yang masih sering bangga dengan keberhasilan masa lalunya sehingga ia lupa mengerjakan hal-hal baru untuk meraih keberhasilan di masa sekarang atau di masa depan. Banyak orang ingin membuka pintu kesempatan di masa sekarang dengan menggunakan kunci-kunci keberhasilannya di masa lalu. Hal ini lah yang akan membuat frustasi dan kekecewaan.

"If your Past Success still looks BIG to you then you are DOING NOTHING TODAY" (Mikhail Gorbachev)

Jadi cara pandang yang benar, persepsi yang dikelola dengan baik akan menentukan keberhasilan di masa datang.

Jangan pernah kita hidup di dalam Zona Apatis yaitu Zona yang disebabkan dari pengalaman-pengalaman negatif di masa lalu kemudian mempengaruhi kehidupan masa depan menjadi negatif. Di dalam zona ini orang akan hidup apatis dan enggan memiliki cara pandang baru yang positif tentang masa depan.

Zona Nyaman (Comfort Zone) adalah zona dimana orang yang memiliki keberhasilan-keberhasilan masa lalu yang positif namun mereka terlelap dalam kesuksesannya lalu mempengaruhi cara pandang dan kehidupannya ke depan. Zona Nyaman ini justru lebih sulit dibangkitkan atau diarahkan kembali kepada yang benar, kecuali setelah mengalami turbulensi berikutnya yang akan segera menyadarkan bahwa mereka harus selalu siap menghadapi tantangan.

Sisi lain yang dapat diperbaiki bila kita berada di dalam Zona Apatis yaitu kita menggunakan pengalaman negatif masa lalu menjadi alat proses pembelajaran untuk menghadapi tantangan di masa depan, bilamana kita telah berhasil menggunakan cara pandang ini maka kita sudah berada pada Zona Pembelajaran (Learning Zone).

Bilamana kita memiliki pengalaman-pengalaman positif, keberhasilan masa lalu yang terus kita evaluasi dan kita jadikan bahan perencanaan masa depan, maka kita sudah berada di dalam Zona Kesuksesan yaitu Zona Pemenang (Winning Zone).

STRESS MANAGEMENT (Mengelola Stress)

"Siapa yang sanggup mengelola tekanan dia yang layak disebut Pahlawan" (Family DISCovery)

Ketika kita menghadapi masalah atau tekanan dalam hidup maka kita harus segera bisa memilah problem tersebut sesuai kelompoknya; problem yang masih di dalam pengaruh langsung dan yang berada dibawah pengaruh tidak langsung segera selesaikan sedangkan problem yang sudah di luar kekuasaan kita jangan dipikirkan lagi. Misalnya : masalah kekurangan uang di tengah-tengah bulan adalah masalah yang masih didalam kendali kita, jalan keluarnya adalah segera evaluasi anggaran belanja lalu tekan pengeluaran supaya jangan lebih besar dari pendapatan. Sedangkan perihal kenaikan harga BBM dan Tarif Dasar Listrik adalah hal-hal yang di luar kemampuan kita jangan menjadi focus kita untuk coba diselesaikan. Jangan pernah terlalu stress dengan hal-hal yang berada di luar kemampuan kita, karena hal itu sudah diluar kemampuan. Mari berfokus untuk menyelesaikan hal-hal yang berada di dalam area kontrol.

Cara lain mengelola stress adalah dengan cara mengelola respon kita, kita mau stress atau tidak sangat tegantung pada respon kita. Bila kita berespon positif, misalnya kita bersikap tenang maka kita akan bisa lebih konsentrasi menghadapi masalah kita. Hadapi masalah dengan ‘humor' atau berdasarkan takwa kita pada Tuhan maka kita akan mendapatkan ketenangan. Hadapi masalah dengan kesabaran dan ucapan syukur atas apa yang terjadi maka kita sedang membangun optimis dalam diri bahwa kita BISA.

The Power of ADAPTABILITY (Kemampuan Adaptif)

"Perubahan adalah satu-satunya hal yang tidak pernah berubah" (Family DISCovery)

Kita tahu bahwa Dinosaurus telah punah karena ketidakmampuannya untuk beradaptasi, banyak bisnis yang tutup atau bangkrut karena ketidak inginannya untuk berubah. Jadi jelas bagi siapa yang ingin survive dalam menghadapi tantangan di masa depan adalah siap untuk berubah. Untuk bisa berubah dengan berhasil adalah dengan berubah SEKARANG!

7 Cara beradaptasi:
1. Membuat perencanaan sebelum bertindak
2. Menangguhkan keinginan sementara waktu
3. Pertajam Intuisi
4. Berani mencoba
5. Bertahan walau tidak suka
6. Temukan Hikmah Kehidupan atas setiap kejadian
7. Bersyukur pada Tuhan dalam segala keadaan


Ditulis oleh:
Ir. Bambang Syumanjaya, MM, MBA, CBA
International Certified Behavior Analyst & Multiple Intelligence Consultant, Konsultan Bisnis & Konsultan Keluarga yang berpengalaman dalam pengembangan dan pelatihan kepemimpinan, pengembangan pribadi dan peningkatan motivasi. Founder dan Konsultan Utama dari Family DISCovery, sebuah Konsultan Keluarga Pertama dan Terlengkap di Indonesia. Seorang ENTER-TRAINER, Public Speaker di dalam Seminar dan Training Motivasi untuk Perusahaan maupun Organisasi.
Hotline: (021) 4587 4066 (Hunting)

Pembicara di Interactive Radio Talk Show - SMART FM 95,9, setiap hari RABU jam 21.00 - 22.00 malam

Halaman :
1

Ikuti Kami