Tanggap Bencana OBI Berada di Bengkulu

Nasional / 20 September 2007

Kalangan Sendiri

Tanggap Bencana OBI Berada di Bengkulu

Puji Astuti Official Writer
6671
Masih ingat gempa yang mengguncang Sumatra, sepekan lalu? Gempa dengan kekuatan 7,9 Skala Richer itu mengguncang Padang, Bengkulu dan selat Mentawai. Gempa yang membuat warga panik dan berhamburan keluar itu, ternyata menyisakan penderitaan dan kesedihan bagi mereka. Banyak warga yg terluka dan kehilangan tempat tinggal. Bahkan terputusnya jalur transportasi juga menyulitkan mereka mendapatkan bantuan. Begitu juga terputusnya jaringan PLN.

Pada hari kedua setelah gempa (13/9), tim Penanggulangan Bencana OBI (Obor Berkat Indonesia) sudah mendarat di Bengkulu  dan langsung menuju kabupaten Bengkulu Utara. Berdasarkan informasi, daerah tersebut merupakan wilayah yang mengalami kerusakan paling berat. Di sepanjang jalan banyak sekali pemandangan rumah-rumah ambruk (rusak parah). Hari pertama (14/9) saat tim OBI melayani desa Kota Agung kecamatan Air Besi, sekitar 40% rumah dalam kondisi rusak parah dan tidak bisa ditempati lagi.

Salah satu korban Muhtar R menceritakan kejadiaan saat terjadinya gempa,"Waktu itu saya baru pulang dari sawah sekitar jam 6 sore, setelah saya makan, baru dua sendok saya lihat rumah goyang. Saya langsung keluar bersama istri dan anak saya menuju halaman rumah. Beberapa menit kemudian rumah saya mulai ambruk temboknya. Tapi syukurlah istri dan anak saya selamat. Terima kasih karena OBI membawa semangat bagi kami." Di desa ini tim OBI melayani sebanyak 369 pasien dan mendistribusikan 209 paket keluarga (beras 5 kg, 2 ikan kaleng, 5 mie instant, 1 selimut, 1 panci, 1 sendok menggoreng dan 1 wajan serta terpal).

Hari kedua (15/9), tim OBI menuju ke utara dan melayani dusun Trans Seringgai jalur 2, kecamatan Batik Nao dan dusun Air Simpang 2. Di tempat ini pun tidak jauh berbeda dg daerah lainnya, rumah-rumah banyak yg ambruk, sehingga harus mendirikan tenda dihalaman rumah sedangkan kondisi para pengungsi yg sangat memprihatinkan. OBI adalah tim yg pertama menjangkau lokasi tersebut. "Sampai hari ini kami belum dapat bantuan apa-apa, OBI adalah bantuan pertama yang masuk ke tempat kami," ujar Suratmin warga dusun Trans Seringgai jalur 2. Di dusun ini tim medis melayani 67 pasien dan mendistribusikan paket keluarga 180 untuk desa Air Lakok dan 80 paket untuk Tebing Kandang, Kecamatan Air Napal.

Hari ketiga (16/9), tim ini menyisir pantai menuju desa pelokan baru kecamatan Mukomuko, kabupaten Mukomuko dan sebanyak 298 pasian yang di layani. Sampai berita ini diturunkan tim OBI Penanggulangan Bencana telah melayani 936 pasien dan sebanyak 600 paket telah disalurkan kepada para korban.

Bagi Anda yang ingin menyalurkan bantuan dapat mengirimkannya melalui Obor Berkat Indonesia. Kirimkan ke rekening Obor Berkat Indonesia :

Bank Mandiri, Cab.TB Simatupang Jakarta No. Rek : 127-00-0425658-0

BCA, Cab.Lippo Cikarang No.Rek : 522 030 9292

Sumber : OBI/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami