prisca

Official Writer
3039


Inilah tujuh alasan mengapa makan malam bersama keluarga menjadi satu kegiatan yang amat bermanfaat :    

1. Anak-anak yang hidup dalam keluarga yang melakukan makan malam bersama biasanya lebih sedikit terlibat dalam perilaku beresiko. Berdasarkan pada 2000 studi yang telah dilakukan oleh National Center on Addiction and Substance Abuse (Lembaga Nasional Pusat Kecanduan dan Penyalahgunaan Obat) di Universitas Colombia, AS, anak-anak yang tidak melakukan makan malam dengan keluarganya 61% lebih cenderung terlibat pemakaian alkohol, rokok atau pemakaian obat terlarang. Kontrasnya, anak-anak yang melakukan makan malam dengan keluarganya setiap malam sepanjang minggu 20% lebih sedikit terlibat dalam mabuk-mabukan, rokok, atau memakai obat-obatan terlarang. 

 

2. Keluarga yang makan malam bersama biasanya lebih punya hubungan yang kuat dan lebih bahagia. Saat keluarga kita berjuang menemukan sejumlah kuantitas dan kualitas dari waktu kebersamaan kita, keluarga yang makan malam bersama secara otomatis menyediakan kesempatan bagi keduanya, baik kualitas maupun kuantitas. Ketika keluarga keluar bersama dan berkomunikasi, mereka bertumbuh semakin kuat dan sehat.    

 

3. Keluarga yang makan malam bersama secara berkala membangun identitas keluarga yang lebih kuat. Makan bersama menciptakan terbangunnya identitas keluarga. Sebagai tambahan, rutinitas keluarga ini menyediakan satu perasaan stabilitas dan keamanan yang memberikan lingkungan positif kepada anak di mana mereka dapat bertumbuh menjadi orang dewasa yang sehat.      

 

4. Keluarga yang makan malam bersama biasanya dapat menjaga hubungan satu sama lain. Setiap orang - anak-anak dan orang tua - dapat menjaga hubungan dengan bertukar informasi dan cerita terbaru selama acara makan malam keluarga dalam hal masalah sekolah, pekerjaan, kehidupan keluarga dan pertemanan. 

 

5. Makan malam keluarga yang rutin menyediakan kesempatan alami untuk merencanakan sesuatu dan menyelesaikan masalah. Menjadwalkan waktu pertemuan keluarga secara khusus untuk mendiskusikan rencana, kebutuhan, dan menyelesaikan persoalan dapat menjadi hal yang sulit. Saat makan malam, keluarga dapat menemukan solusi alami untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut. Yah seperti kita semua mengerti, kalau urusan perut beres, maka urusan lainnya pun beres.

 

6. Makan malam secara berkala membantu proses belajar. Ketika keluarga yang melakukan makan malam bersama terlibat dalam berbagai topik pembicaraan, terjadi dukungan terhadap proses belajar. Anak-anak yang terekspos dengan diskusi keluarga yang rutin akan belajar memahami perbendaharaan kalimat yang lebih luas. 

7. Anak-anak biasanya menerima nutrisi yang lebih baik ketika makan malam secara rutin dengan keluarganya. Sederhana sekali, namun ini merupakan kebenaran yang sesungguhnya dalam penerapan sehari-hari : ketika anak-anak makan malam dengan keluarganya, mereka makan dengan lebih baik. Waktu makan malam keluarga artinya anak-anak cenderung memakan makanan yang secara nutrisi lebih seimbang, lebih rendah kadar gula dan lemaknya, dibanding jika mereka menyiapkan atau membeli makanannya sendiri.

Sumber : Jim Burns, CBN.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7253

Banner Mitra Juni Week 1-2