Bagaimana Cara Menjadi Populer?

Single / 13 December 2005

Kalangan Sendiri

Bagaimana Cara Menjadi Populer?

Fifi Official Writer
6091
Kamu dapat menjadi populer dan menarik teman dengan mudahnya. Kamu tidak perlu untuk menjadi pandai. Kamu tidak perlu berwajah tampan dan cantik. Namun jika kamu adalah seorang Kristen, kamu harus menjadi seorang yang populer untuk alasan yang benar.

Mengapa Beberapa Orang Populer?

Kamu hanya perlu berpikir tentang mengapa beberapa orang yang kamu kenal begitu populer, dan kamu akan melakukan apa yang membuat mereka bisa begitu. Mungkin karena mereka selalu tampak ceria. Atau mungkin mereka selalu tampak tahu bagaimana mengatakan sesuatu tanpa menyerang orang lain. Mungkin mereka bisa membuat orang merasa baik ketika mereka berada di sekeliling orang-orang. Kualitas ini hampir bisa menjamin kamu akan menjadi populer.

Orang-orang tidak suka berada di sekeliling seseorang yng selalu mengatakan komplain, bersedih, mengeluarkan kritik dan negatif, atau berada di sekeliling orang yang kelihatannya tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri.

Kisah Josh

Josh menyadari hal ini ketika dia masih remaja. Josh bertumbuh di rumah dengan seorang ibu yang suka berteriak dan dua orang kakak perempuan yang selalu bertengkar. Adalah normal bagi mereka untuk mengeluarkan komplain tentang kekurangan uang, mengkritik ayah Josh yang minggat dari rumah dan meninggalkan ibu mereka, pembicaraan tentang bunuh diri, dan untuk selalu mengatakan pada orang-orang tentang betapa buruknya situasi ini.

Namun Josh mulai berpikir

Dia bertanya dalam hatinya mengapa dia tidak menjadi populer di sekolah, meski anak lain yang nasibnya tidak lebih baik daripadanya selalu tampak bisa memiliki teman. Josh lalu mencoba menganalisa mengapa Mike bisa menjadi seorang siswa yang paling populer di sekolah. Padahal Mike bukan siswa cemerlang, bahkan Josh berpikir dia selalu bisa lebih baik dari Mike. Namun Mike selalu tampak gembira - bahkan ketika segala sesuatu berjalan tidak baik. Dan Mike adalah seorang yang jujur dan bersedia bicara dengan siapapun tentang apapun. Josh menyadari bahwa Mike tidak mencoba untuk mengesankan orang dengan kemampuan yang tidak ia miliki, dan dia selalu kelihatan dapat mengendalikan dirinya.

Merubah Sikap

Analisa ini menjadi suatu keajaiban bagi Josh. Dia memutuskan untuk mencoba apa yang Mike lakukan. Segera Josh menyadari bahwa dunia menjadi tempat yang lebih baik daripada yang ia pikirkan. Berperilaku lebih bahagia segera membuat dia merasa lebih gembira, dan segala masalah kelihatannya tidak lagi membuat dia menjadi orang sengsara yang menderita.

Setelah beberapa saat dia menemukan bahwa orang-orang lebih memperhatikan dirinya dan juga pendapatnya. Seorang gadis yang ia sukai, Stephanie sebelumnya mengabaikan dirinya. Namun mendadak ia mengundang Josh untuk datang di acara reuni yang ia organisir bagi teman-temannya dari seluruh dunia yang pernah tinggal dengan keluarganya.

Keluarga Josh juga memperhatikan perbedaan pada dirinya. Ketika mereka tidak dapat menarik Josh dalam perdebatan seperti biasa, mereka memilih meninggalkan dia sendirian atau berhenti berdebat. Tanpa keberadaan Josh dalam perdebatan keluarga, frekuensi keributan dalam keluarga akhirnya berkurang jauh.

Perubahan sikap Josh punya dampak bagus bagi dirinya karena dia kini menjadi seorang pria dewasa yang populer. Dia punya dampak yang baik pada orang lain. Itu karena orang-orang suka berada di sekeliling seorang yang gembira dan berpikir positif. Pemimpin biasanya dipilih karena mereka positif tentang kemampuan untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik. Dan pemimpin yang populer adalah mereka yang jujur, adil, bahagia dengan keyakinannya, dan tidak mudah goyah dari melakukan apa yang benar. Karakteristik ini tampaknya yang membuat seseorang menjadi populer.

Apa yang Alkitab Katakan

Alkitab mengatakan pada kita mengapa beberapa orang terkenal menjadi seorang yang populer.

Gideon menaikkan popularitasnya diantara orang Israel setelah dia mengalahkan beberapa raja Midian (Hakim-hakim 8:20-21). Orang Israel kemudian meminta Gideon untuk memerintah atas mereka. Gideon menolak dan jawab Gideon kepada mereka: "Aku tidak akan memerintah kamu dan juga anakku tidak akan memerintah kamu tetapi TUHAN yang memerintah kamu." Gideon menjadi populer karena tindak kepahlawanannya, namun dia tidak mengambil keuntungan yang merupakan bagian Tuhan.

Salomo terlalu populer - diantara raja-raja dan orang pada umumnya - karena hikmat bijaksananya (1 Raja-raja 4:34). Sedang Absalom populer karena penampilannya yang tampan dan gagah (2 Samuel 15:25).

Menjadi Benar Di Hadapan Tuhan

Ada sejumlah cara untuk menjadi populer, namun Yesus mengingatkan murid-muridNya untuk tidak mencoba tampil populer sementara hati mereka tidak benar di hadapan Tuhan (Matius 6:3-6). Dia mengingatkan mereka bahwa Tuhan melihat segala hal yang mereka lakukan dalam keadaan tersembunyi dan akan mengupahi mereka ketika melakukan sesuatu untuk alasan yang benar.

Jika kamu ingin menjadi populer, maka jadilah seorang yang bahagia, jujur, positif dan mencoba membuat orang-orang merasa baik ketika mereka berada di sekeliling kamu. Yesus adalah pribadi yang populer dengan sejumlah besar orang di sekelilingnya, meski standar moralNya yang tinggi kadang membuat marah banyak orang. Namun Yesus menitik beratkan bahwa hal terpenting untuk menjadi pengikutNya (sebagai orang Kristen) adalah mengikuti pengajaranNya (Markus 8:34-38). Menjadi populer bersama Tuhan adalah popularitas yang paling bernilai dibanding apapun.
Halaman :
1

Ikuti Kami