Admin Spiritual

Official Writer
5043


Kamus mendefinisikannya sebagai "keadaan tanpa teman". Kita sering mendefinisikannya sebagai perasaan terisolasi dan kosong ketika harus menghadapi sebuah situasi tertentu.

Saya tahu persis seperti apa rasanya. Beberapa perasaan itu menyerang saya ketika saya harus mengambil keputusan untuk setiap masalah yang saya hadapi. Kadang saya tidak tahu harus berbuat apa.

Kalian para pembaca juga mungkin mengalami hal yang sama karena berbagai macam alasan. Kadang kita berusaha memperbaiki sebuah keadaan tertentu, tapi tak kuasa melakukannya.

Kadang perasaan inipun menyerbu hubungan kita dengan Tuhan. Berdoa terasa mentok di langit-langit, kata-kata yang diucapkan pun serasa hampa.

Tapi pertanyaannya sekarang bukanlah bagaimana melenyapkan rasa kesepian itu, karena kesepian itu bisa terjadi pada semua orang. Pertanyaannya ialah, apa yang harus kita lakukan jika kita merasa kesepian?

Beberapa hal dibawah ini biasanya sangat membantu saya dalam mengklarifikasikan sebab dari rasa kesepian yang saya alami dan sering membantu saya keluar dari masalah tersebut.

  • Periksa momen dan keadaan yang menyebabkan kita merasa kesepian. Apakah ada yang diakibatkan oleh ke-egoisan diri kita sendiri?
  • Pikirkan apakah kondisi ini perlu di-sharing-kan dengan orang terdekat anda yang tentunya lebih dewasa rohani dan dapat dipercaya. Kadang kita merasa bahwa semua bisa diatasi sendiri. Padahal kadang orang lain memiliki pandangan berbeda yang dapat membuat kita punya perspektif yang baru dan menguatkan.
  • Pergilah untuk sementara waktu. Mungkin yang anda butuhkan ialah meninggalkan semua aktifitas untuk sementara dan pergi ke suatu tempat. Buat sesuatu positif yang dapat mengalihkan perhatian anda dari rasa kesepian.
  • Istirahatlah. Setiap orang yang kelelahan kadang melihat hidup dari jendela berkabut yang gelap. Apakah anda sudah cukup beristirahat?
  • Ijinkan Tuhan untuk menyediakan penghiburan dan membuktikan penyertaanNya untuk anda. Sediakan waktu untuk berdoa, membaca firman Tuhan dan mendengar musik puji-pujian. Dalam situasi itu anda dapat menjadi saksi betapa baiknya Tuhan dalam hidup anda.
  • Pikirkan ulang dan perbaharui kebiasaan rohani anda. Apakah akhir-akhir ini hubungan pribadi anda dengan Tuhan terganggu? Jika ya, iblis dengan mudah dapat menyerang anda lewat perasaan kesepian itu. Jangan biarkan! Anda tahu bahwa obatnya ialah memperbaiki hubungan indah dengan Tuhan.

  • Ketahuilah bahwa ada waktunya perasaan kesepian itu menyerang anda. Tapi jangan sampai itu menghancurkan anda!

    "Dengarkanlah kiranya seruanku, ya Allah, perhatikanlah doaku! Dari ujung bumi aku berseru kepada-Mu, karena hatiku lemah lesu; tuntunlah aku ke gunung batu yang terlalu tinggi bagiku" (Mazmur 61:1-3)

    Semoga ini menjadi doa anda juga.
Sumber : Sumber Kesaksian: H.B. London Jr.-focusfamily


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra April Week 3


7254

Mitra Banner Maret Week 3