Benarkah Puasa Berisiko Bagi Penderita Asam Lambung dan GERD?
Sumber: Pexels

Health / 2 March 2023

Kalangan Sendiri

Benarkah Puasa Berisiko Bagi Penderita Asam Lambung dan GERD?

Wisnu Prianggani Contributor
1496

Puasa memang dapat menjadi masalah bagi penderita asam lambung dan GERD. Namun, puasa dalam rangka Prapaskah merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat Kristen sebagai persiapan diri dalam menyambut Paskah. Puasa Prapaskah dilakukan dengan cara menahan diri dari makanan atau minuman tertentu selama periode waktu tertentu. Jadi bagaimana seharusnya penderita asam lambung dan GERD bisa menjalani puasa yang aman?

Ini beberapa tips yang bisa diterapkan penderita asam lambung dan GERD.

1. Konsultasikan dengan Dokter

Sebelum memutuskan untuk berpuasa Prapaskah, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter dapat membantu mengevaluasi kesehatan tubuh dan memberikan saran apakah seorang penderita asam lambung dan GERD dapat melaksanakan puasa Prapaskah dengan aman atau tidak. Jika dokter menyarankan untuk tidak berpuasa, maka ada alternatif ibadah lain yang dapat dilakukan.

 

Baca Juga: Asam Lambung Nggak Lagi Jadi Penghambat Aktivitas Kalau Kamu Ikutin Saran Ahli Gizi Ini…

 

2. Perhatikan Jenis Makanan

Selama periode puasa, sangat penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Penderita asam lambung dan GERD sebaiknya menghindari makanan yang dapat memicu produksi asam lambung seperti makanan pedas, asam, dan berlemak. Sebaiknya, pilihlah makanan yang ringan dan mudah dicerna seperti buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak.

 

3. Jangan Berpuasa Terlalu Lama

Penderita asam lambung dan GERD sebaiknya tidak berpuasa terlalu lama. Puasa yang terlalu lama dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memicu gejala GERD. Sebaiknya, batasi waktu puasa menjadi beberapa jam saja atau dapat memilih alternatif lain.

 

Baca Juga: Menjelang Paskah, Benarkah Puasa Dapat Menjadi Masalah Bagi Penderita Asam Lambung dan GERD?

 

4. Minum Air yang Cukup

Selama puasa, sangat penting untuk memperhatikan konsumsi air yang cukup. Penderita asam lambung dan GERD sebaiknya meminum air dalam jumlah yang cukup untuk membantu menjaga kelembapan lambung dan mencegah iritasi dinding lambung. Namun, jangan minum air terlalu banyak dalam waktu yang singkat karena dapat memicu mual dan muntah.

Jadi, daripada mencobai diri sendiri akan lebih baik jika berkonsultasi lebih dulu kepada pakarnya dan perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Selamat menjalani puasa ya buat kalian. 

Halaman :
1

Ikuti Kami