Home CBN Updates Desember 2023

Memberi Harapan Hidup yang Lebih Baik Bagi Anak Desa Makalelon

Holistic Disciple Making Ecosystem

Berkat dukungan Anda, CBN hadir untuk memberikan pengalaman pemuridan yang holistik kepada anak-anak dan keluarga mereka. Tahun 2023 ini, kami membangun 79 ekosistem pemuridan di berbagai wilayah di Indonesia, mencakup anak usia 3-14 tahun melalui program seperti: 

  • PAUD Super5 (3-6 tahun) 
  • Sekolah Minggu Superbook (3-14 tahun) 
  • Sanggar Belajar Anak School of Life (SOL) (6-14 tahun) dan  
  • The Parenting Project (TPP) 

CBN juga berkomitmen memberikan harapan hidup lebih baik bagi keluarga-keluarga anak prasejahtera yang kami layani dengan menyalurkan bantuan modal usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM),  kelompok tani, akses air bersih, serta dukungan gizi dan kesehatan, untuk mencapai perubahan holistik dalam pendidikan, karakter, kerohanian, dan kesehatan setiap anak. 

 

Apa yang Sudah Kami Kerjakan?  

Di bulan Desember ini, kami dengan bangga memperkenalkan ekosistem pemuridan yang holistik di Desa Makalelon, Minahasa, Sulawesi Utara. Kerjasama erat dengan jaringan gereja GSJA Elshaday Makalelon memungkinkan CBN memberikan harapan hidup yang lebih baik bagi anak-anak dan keluarga mereka. 

Gembala Gereja GSJA Elshaday Makalelon, Pdt. Amelia Mongi, menjelaskan realitas anak-anak di desa ini, terutama yang berasal dari keluarga petani yang sibuk. Anak-anak sering terabaikan setelah sekolah, terjebak dalam lingkungan yang kurang baik. Namun, berkat program Super5, Superbook, dan Sanggar Belajar Anak SOL dari CBN, anak-anak kini datang dengan antusias ke gereja, belajar dengan tutor SOL, dan tumbuh secara karakter dan rohani. 

“Ketika orang tua sibuk bekerja anak-anak akan datang ke SOL dan guru akan membantu mereka mengerjakan tugas sekolah mereka. Pelajaran dari SOL dan Superbook juga membuat anak-anak ini, ketika menghadapi masalah pembentukan karakter, mereka mengusahakan diri mereka untuk mau berubah,” ucap Pdt. Amelia. 

Doc. Kegiatan Belajar Anak SOL GSJA Elshaday Makalelon

Perubahan yang dialami setiap anak telah membuat mereka menjadi pribadi yang lebih baik secara karakter, kerohanian maupun kemampuan belajar. Kami bersyukur sampai saat ini, anak yang kami muridkan sudah mencapai lebih dari 20 anak PAUD Super5, 100 anak Sekolah Minggu, dan 90 anak Sanggar Belajar SOL telah menjadi bagian dari ekosistem pemuridan, dibimbing oleh 5 pengajar berdedikasi. CBN juga memberikan dukungan ke kelompok tani, membuka peluang usaha bercocok tanam cabai bagi orang tua anak yang dipilih. 

 

Harapan Vanesa yang Terwujud 

Rumah Vanesa (13 tahun) adalah rumah yang jauh dari rasa nyaman. Kendala ekonomi memberikan tekanan berat pada orang tuanya, sehingga mudah meluapkan emosi dengan perlakuan kasar kepada Vanesa dan adiknya.  Diam-diam Vanesa kecil menyimpan sakit hati yang mendalam terhadap mama papanya, dan tanpa sadar, ia pun terbiasa kasar kepada adiknya. 

Namun, setelah bergabung dengan SOL, Vanesa menemukan tempat untuk berbagi cerita tentang luka batinnya, termasuk kekhawatirannya akan benjolan di dagunya yang semakin membesar sementara ekonomi keluarga tak memungkinkan untuk dia melakukan pemeriksaan kesehatan. Dan pelajaran 'Self-Awareness' dari SOL akhirnya membantu Vanesa berdamai dengan orang tuanya, memberikan pengampunan, dan berdoa agar papa mamanya berubah.  

Doc. Vanesa operasi benjolan dagu didampingi ayah dan ibunya 

Gereja menilai perlu menolong Vanesa dan keluarganya. Sehingga papanya Frantje, yang bekerja sebagai buruh tani, terpilih jadi salah satu dari empat anggota kelompok tani penerima bantuan modal bercocok tanam dari CBN. Pendampingan rohani dan moral dari gereja tidak hanya sukses dalam panen cabai, tetapi juga mengubah kepribadian Frantje yang sebelumnya jarang beribadah, kini aktif dalam pelayanan. 

Doc. Frantje, ayah Vanesa sedang berada di kebun cabai rawit 

Ekonomi keluarga Vanesa pun terus meningkat berkat pembagian hasil panen cabai kelompok tani yang sudah berjalan selama lima kali. Keluarga ini dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan cukup untuk membiayai pemeriksaan dan operasi Vanesa setelah dua tahun membiarkan benjolan tersebut. 

Vanesa hanyalah salah satu dari banyak anak yang mendapat bimbingan dalam ekosistem pemuridan GSJA Elshaday Makalelon. Setiap anak di desa ini memiliki kisah unik dengan harapan yang ingin mereka alami. Kemurahan hati Anda memiliki peran penting dalam mewujudkan impian mereka! 

 

Terima kasih Mitra CBN, dukungan Anda menghasilkan dampak besar bagi anak dan keluarganya! Kami rindu mengajak Anda untuk mengambil langkah bersama-sama dengan kami mengadopsi satu ekosistem pemuridan CBN dan membuat perubahan yang nyata bagi satu komunitas. Hubungi kami sekarang di nomor 0815 9655 960.


Ikuti Kami