Home CBN Updates Maret 2023

CBN Membekali Pelayan Anak yang Ada di Sanggar Belajar Anak Untuk Mengatasi Trauma pada Anak

Event

Pada tanggal 22 hingga 24 Februari 2023, para pelayan anak di Sanggar Belajar Anak School of Life (SoL) telah mengikuti training Trauma Competent Care (TCC) di Denpasar, Bali. 

TCC merupakan sebuah training untuk memperlengkapi para pelayan anak maupun orang tua agar memiliki skill dalam menangani anak-anak yang mengalami trauma emosi dan karakter. Sehingga mereka bisa memberikan dukungan yang positif dan hubungan yang stabil kepada anak yang memiliki trauma tertentu. 

Sepanjang tiga hari ini, peserta pelayan anak mengikuti 12 sesi yang berisi pemaparan modul dan study kasus. Dari setiap pemaparan sesi ini, mereka mendapatkan wawasan baru terkait cara memahami anak-anak yang mereka layani di Sanggar Belajar Anak SoL. Mengingat diantaranya banyak anak yang berasal dari keluarga-keluarga prasejahtera yang rentan mengalami trauma verbal dan non-verbal di rumah hingga pengabaian ataupun penelantaran. 

Melalui training ini, pelayan anak dibekali kemampuan memahami akar perilaku anak. Sehingga mereka tidak lagi memilih untuk mengeluarkan anak dari ruang kelas ketika sulit untuk diatur, sengaja mengabaikan anak-anak yang membutuhkan perhatian khusus hingga memberi anak label tertentu. Sebaliknya, pelayan anak di Sanggar Belajar Anak SoL bisa menolong setiap anak yang butuh perhatian mengalami transformasi secara karakter. 

Para pelayan anak turut bersyukur training TCC ini juga mengingatkan mereka bahwa sebagai pengajar, mereka juga perlu berubah dan pulih dari trauma masa lalu. Sehingga mereka bisa membangun hubungan yang baik dengan anak-anak yang mereka layani dan menjadi mediator dalam proses pemulihan hubungan antara anak dan orang tuanya. 

Sekembalinya dari pebekalan ini, setiap pelayan anak berkomitmen akan menerapkan ilmu yang didapatkan untuk menciptakan lingkungan ramah anak di Sanggar Belajar Anak SoL.  


Ikuti Kami