Home CBN Updates Maret 2023

Vocational Training Citizen Journalism CBN Hadir di Nias dan Kupang

Event

CBN Indonesia hadir untuk memperlengkapi anak-anak muda di gereja lokal melalui pelatihan media bertajuk 'Vocational Training Citizen Journalism'. Sebagai Yayasan berbasis pelayanan media, CBN Indonesia menyadari pentingnya peran media di dalam menjalankan pelayanan di gereja-gereja lokal. Karena itu di tahun 2023 ini, CBN akan fokus memperlengkapi anak-anak muda dari gereja lokal tentang pengetahuan media. Sehingga keterampilan ini nantinya bisa mereka diterapkan untuk meningkatkan keterampilan diri dalam memajukan dan mengembangkan pelayanan media di gereja sekaligus juga membekali anak muda agar mereka bisa memanfaatkan keahlian ini sebagai sumber pendapatan. 

Di awal tahun 2023 ini, Vocational Training Citizen Journalism telah diadakan di Nias dan Kupang. Di sini peserta dilatih berbagai ilmu dasar menjadi seorang Content Creator.  

Adapun beberapa materi yang dibagikan diantaranya: 

1. Pengetahuan dasar citizen journalist 

2. Pengenalan alat dan teknik pengambilan gambar (teori & praktik) 

3. Teknik wawancara & on cam (teori & praktik) 

4. Teknik editing video dengan smartphone (teori & praktik) 

5. Cara membuat naskah/narasi liputan (teori & praktik) 

6. Cara upload video ke media Youtube dan ke google drive (praktik) 

7. Praktik project membuat video liputan 

Dari sekian banyak peserta yang berpartisipasi dalam training ini, Yerry Wahu punya cerita menarik. Pria asal Kupang, yang berprofesi sebagai pendeta ini, memang sudah berumur. Namun ia punya keinginan belajar yang tinggi. Sesi praktik membuat video pun ia ikuti dengan serius. Raut bahagia terpancar dari wajahnya saat berhasil membuat satu konten video. Kemampuan ini menumbuhkan rasa percaya dirinya bahwa usia bukanlah penghalang untuk terus belajar hal baru.  

Terima kasih mitra CBN. Berkat dukungan Anda gereja-gereja lokal bisa diperlengkapi sesuai dengan kebutuhan mereka. Kami masih akan terus mendukung kebutuhan gereja-gereja lokal. Bergabung bersama kami sekarang. 


Ikuti Kami