Home CBN Updates Maret 2023

Desa Tanaraing, Ekosistem Pemuridan Holistik CBN


Di tahun 2023 ini, CBN Indonesia akan fokus membangun ekosistem pemuridan yang holistik dan memenuhi kebutuhan jasmani, rohani dan kesejahteraan anak dan orang tua. Di ekosistem pemuridan yang holistik ini, CBN menyediakan berbagai program pemuridan bagi anak-anak usia 3 hingga 14 tahun beserta orang tuanya, seperti Superbook, Sanggar Belajar Anak SoL, PAUD Super5, dan Program Parenting. Khusus untuk keluarga-keluarga prasejahtera, CBN juga menyediakan bantuan ekonomi dan kesehatan melalui program UMKM, kelompok tani, penyediaan air bersih, dan perbaikan gizi dan kesehatan. Tujuannya adalah untuk membantu transformasi jasmani, rohani, dan kesejahteraan hidup bagi anak dan orang tua. 

Di bulan ini, kami akan memperkenalkan satu dari 31 ekosistem pemuridan holistik CBN yaitu GKS Jemaat Tanaraing, yang berlokasi di Desa Tanaraing, Kecamatan Rindi, Kabupaten Waingapu, Sumba Timur. Desa ini berjarak kurang lebih 100-kilometer dari kota Waingapu. Kehidupan masyarakatnya sangat sederhana dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan karena rata-rata pekerjaan mereka adalah petani, nelayan, beternak dan bertenun.  

Saat ini, ekosistem pemuridan holistik di Tanaraing melayani 66 anak Sekolah Minggu Superbook, 17 anak Super5 dan 50 anak Sanggar Belajar Anak School of Life. Sebagian besar dari anak berasal dari keluarga prasejahtera, ditelantarkan orang tuanya dan yang keluarganya broken home. Namun Gembala GKS Jemaat Tanaraing Pdt. Katrina R. Wanu, S.Th dan guru-guru lain tetap setia melayani dan membimbing setiap anak secara rohani, karakter dan akademik.

 

Berikut adalah salah satu kesaksian anak dari GKS Jemaat Tanaraing, Sumba Timur.  

Namanya Sesilia Dubu (13 tahun).  Ia adalah salah satu anak yang aktif mengikuti bimbingan di Sanggar Belajar Anak SoL GKS Jemaat Tanaraing. Sejak kecil, ia ditinggal kedua orang tuanya dan dibesarkan oleh opanya yang sudah renta dan sakit-sakitan. Absennya kehadiran orang tua di dalam hidup Sesilia membuatnya kurang kasih sayang.  

Namun melalui Sanggar Belajar Anak SoL, Sesilia mendapatkan perhatian dari guru-guru. Dulu ia pernah dikeluarkan dari sekolah karena buku dan seragam sekolahnya dibakar opanya yang marah besar karena Sesilia memiliki kurang minat belajar dan tidak taat. Berkat bantuan guru SoL, ia akhirnya kembali bersekolah. Selama mengikuti SoL, ia mengalami peningkatan dalam hal pengetahuan akademiknya. Bukan hanya itu, Sesilia juga mengalami pertumbuhan rohani melalui bimbingan spiritual yang ia dapatkan lewat tayangan animasi Superbook.   

Suatu kali, ia menyaksikan kisah Yunus di perut ikan dan terinspirasi karena Yunus dipakai Tuhan menyerukan pertobatan di Niniwe. Melalui kisah Yunus, Sesilia rindu untuk bertobat dan bisa dipakai Tuhan menyerukan pertobatan kepada orang lain. Kini Sesilia bukan saja berubah menjadi anak yang rajin belajar dan aktif, tetapi ia juga berubah menjadi anak yang rajin berdoa. Ia bahkan tekun berdoa agar mama papanya kelak bisa kembali.

Mitra CBN, Tanaraing membutuhkan dukungan Anda. Banyak anak yang butuh ditolong. Jika Anda adalah salah satu yang terpanggil untuk terlibat dalam misi ini, Anda bisa mengadopsi satu ekosistem ini dan membuat transformasi atas hidup anak, orang tua dan komunitas Tanaraing. Bergabung sekarang dengan menghubungi contact Mitra CBN. 0815 9655 960. 


Ikuti Kami