Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
662


“Kenapa sih Tuhan ciptakan aku jelek? Hidungku ngga mancung, rambutku tipis dan lurus, selain itu aku juga terlalu kurus.”

Pernahkah kamu memandangi kaca lalu mengungkapkan kekecewaanmu dan rasa tidak percaya diri yang menghantui kamu?

Kamu tidak sendirian kok, ada banyak orang yang juga mengalaminya. Apa lagi saat melihat Instagram atau sosial media lain dan membandingkan diri dengan selebriti atau teman-teman di dunia maya. Ada banyak anak muda yang malah jadi depresi.

Ada yang merasa terlalu kurus, terlalu gemuk, atau bahkan terlalu tinggi atau kependekan. Ada banyak hal yang kalau kita buat daftarnya akan panjang,  tentang apa saja yang ingin kita ubah dari penampilan kita.

Dijaman ini, mengubah penampilan dan wajah memungkinkan sih, seperti dengan melakukan operasi plastik. Tapi dengan merasa diri jelek dan bahkan mengubah fisik kita hingga ke meja operasi, kita seperti berkata pada Tuhan bahwa Dia itu ngga becus saat menciptakan diri kita sehingga kita perlu memperbaiki hasil karya-Nya.

Nah, sebelum kamu berkata bahwa diri kamu jelek, kamu harus tanya pendapat Tuhan tentang kamu. Yuk, kita lihat apa yang Tuhan katakan di Alkitab:

1# Kamu berharga dan mulia di mata Tuhan

Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu. ~ Yesaya 43:4

Melalui Firman Tuhan yang ditulis oleh Nabi Yesaya, Tuhan berkata kepada kita bahwa kita ini berharga dan mulia di mata Tuhan, bahkan Tuhan bersedia menukarkan manusia, yaitu Yesus Kristus yang mati bagi kita di kayu salib agar kita diselamatkan dan memiliki hubungan yang intim kembali dengan-Nya.

Jadi jika ada pikiran yang berkata bahwa kamu tidak berharga, kamu adalah sebuah kesalahan dan hal-hal negative lainnya, kamu harus tolak pikiran itu. Perkatakan firman Tuhan di atas, “Aku berharga di mata Tuhan! Aku mulia bagi Tuhan sehingga Ia rela mengorbankan Putra-Nya Yesus untuk menebusku dari kutuk dosa!”

2# Kamu adalah mahakarya Tuhan yang indah yang ditenun oleh tangan-Nya sendiri

Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.

Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya. ~ Mazmur 139:13-16

Tahukah kamu, bahwa kamu adalah mahakaryanya Tuhan? Ya, kamu adalah mahakarya yang dikerjakan oleh tangan Tuhan sendiri, Dia merancang kamu sebelum kamu ada di dalam kandungan ibu kamu. Dia menuliskan hari-hari yang akan kamu lalui di kitab kehidupan, dan bahkan Ia menenun jaringan-jaringan DNA yang ada di tubuhmu hingga kamu menjadi seorang bayi.

Semua itu Tuhan kerjakan dengan kecermatan yang tinggi, dengan sangat teliti dan penuh kasih. Dia bahkan memanggil namamu, sebelum orangtuamu sendiri.

Kalau kamu melihat dari sudut pandang Tuhan ini, bukankah kamu seharusnya bersyukur dengan segenap hati atas segala yang ada padamu saat ini?

3# Tuhan ngga melihat penampilanmu, tapi hatimu

Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati." 1 Samuel 16:7

Tuhan melihat seseorang tidak sebatas penampilannya saja, seperti sewaktu Tuhan mencari pengganti Saul. Tuhan tidak meremehkan atau merendahkan Daud karena penampilannya yang tidak segagah kakak-kakaknya, namun Tuhan melihat kepada kedalaman hati Daud.

Hal ini juga berlaku untuk kamu loh. Tuhan melihat dan menyelidiki hatimu, jadi jangan hanya focus pada penampilan fisikmu, tapi juga perhatikan bagaimana sikap hatimu dan juga karaktermu. Itu yang akan membuat kamu bertumbuh, baik secara rohani maupun dalam kehidupan profesionalmu.

Tuhan, Dia adalah Bapamu. Dia sedih saat melihatmu kecewa atau depresi karena kamu merasa kurang cantik atau kurang sempurna. Sebab Dia sudah menciptakanmu sempurna, karena kamu diciptakannya segambar dan serupa dengan diri-Nya.

Kamu tidak perlu sedih kalau fotomu di IG ngga dapat like sebanyak temanmu, atau ngga ada yang memberikan komen yang memuji-muji kamu. Kamu cukup tahu bahwa Bapamu di Sorga sangat mencintai kamu, dan cinta-Nya itu dibuktikan dengan mati kayu salib untuk menebus kamu.

Jadi, mulai hari ini hadapilah cermin dengan senyuman dan ucapan syukur ya. Biarlah terang Tuhan bersinar melalui kamu, sehingga banyak orang diberkati karena merasakan kasih Tuhan melalui kehadiranmu.  

Baca juga : 

Tetap Percaya Diri Meski Punya Kekurangan

Saat Anda Bertanya ‘Mengapa Saya Diciptakan Jelek?’ dan Tuhan Menjawab

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

Banner Mitra Desember week 2