Naomii Simbolon

Official Writer
826


Salah satu keluhan perempuan adalah perut buncit. Saya salah satunya, apakah kamu juga begitu?

Selain nggak nyaman dalam memilih pakaian, juga nggak nyaman ketika di sandingkan dengan teman lain yang langsing.

Sudah berapa lama berusaha menguruskan perut buncit? Apakah kamu tipikal perempuan yang badannya kurus tapi perutnya buncit?

Yuk kenali beberapa bentuk perut buncit di bawah ini, biar tahu tepat sasaran dalam menguruskannya :

1. Perut buncit

Hal ini bisa kamu lihat dari perut yang menonjol dari bawah dada sampai ke bawah pusar bahkan perut kamu bisa lebih besar dari payu dara kamu. Nah, kalau bentuk perut buncit yang satu ini, biasanya disebabkan karena kamu mengkomsumsi makanan manis sehingga gula darah dalam tubuh kamu menjadi sangat tinggi dan membuatmu candu untuk makan sehingga lemar menimbun.

Coba deh sugar detox selama beberapa hari, luangkan waktu berjalan santai setelah dinner atau olahraga.

2. Perut 'stres'

Nggak nyangka kan kalau tipikal perut 'stres' ini memang ada? Iya, karena stres nggak cuma menyerang otak kamu tapi juga bikin usus kamu mengalami penumpukan cortisol sehingga membuat tonjolan kecil pada perut dan dimulai dari pusar ke bawah.

Perut buncit dengan tipe ini dikenal juga sebagai belly fat. Jadi, coba deh kurangi minum kafein, cukupkan kebutuhan magnesium kamu, atur waktu tidur, kemudian kurangi camilan yang nggak sehat serta olahragalah untuk membuat tubuh dan pikiran kamu lebih rileks.

3.  Perut menonjol dari bawah pusar ke bawah

Nah, kalau yang satu itu, itu sama artinya bahwa kamu kurang serat. Biasanya sih hal ini dialami oleh ibu-ibu yang baru melahirkan, tapi tidak menutup kemungkinan juga dialami oleh kamu yang belum menikah dan memiliki tubuh ramping.

Penyebabnya sih nggak cuma kurang serat, tapi juga karena kamu melakukan olahraga yang nggak tepat, misalnya cuma squats doang atau keseringan sit-up.

Sekarang, coba deh  makan makanan yang sehat serta perbanyak mengkomsumsi serat seperti sayuran hijau, roti gandum, dan sumber serat lainnya. Kamu juga harus berhenti melakukan squats, bisa jadi kamu melakukannya salah sehingga terlalu membebani tulang belakangmu. Ganti olahrga squatsmu dengan planking.

Jangan terlalu memporsir salah satu bagian tubuhmu pas olahraga ya, tapi coba circuit training yang bisa melatih seluruh tubuhmu secara seimbang. Kemudian minum air yang banyak dan pilihlah makanan yang mudah di cerna seperti sayuran hijau dan protein light.

BACA JUGA : Nggak Pede Dengan Perut Buncit? Jangan Langsung Putus Asa, Sudah Lakuin Cara Ini Belum?

4. Buncit setelah melahirkan

Sebenarnya sih, perut buncit sehabis melahirkan adalah hal yang normal. Butuh waktu selama 6 minggu supaya kembali ke ukuran semula. Jadi, kalau kamu langsung olahraga sesaat setelah kamu melahirkan, maka yang terjadi perutmu semakin buncit.

Jadi, tunggu saja sampai 2 atau 3 bulan melahirkan baru kemudian olahraga lagi ya.

Cobalah merampingkannya dengan meminum minyak zaitun, kemudian komsumsi lemak yang sehat seperti kacang-kacang, minyak sayur dan minyak zaitun. Lemak itu berguna banget untuk mengurangi kelelahan.

Jangan langsung olahraga sit-up apalagi squats setelah melahirkan ya, tunggu dulu sampai kamu benar-benar pulih. Kemudian tidur siang dan melakukan peregangan sebelum tidur juga bagus banget untuk memperkuat pembakaran lemak pada tubuh kamu.

 

Dengan mengenali bentuk perut buncit kamu, itu artinya kamu jadi tahu bagaimana cara merampingkannya. So, jangan salah tehnik dan makanan ya. Cepat kurus dan terus jaga tubuhmu semakin sehat. Sebab dengan tubuh yang sehat, kamu bisa membagikan injil sampai ke bangsa-bangsa.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7245

Banner Mitra Juli 1-2