Sudah Mulai Kerja Nih, Perlu Ngga Sih Kasih Sebagian Gaji Ke Orangtua?
Sumber: Ilovelife.com

Single / 22 October 2019

Kalangan Sendiri

Sudah Mulai Kerja Nih, Perlu Ngga Sih Kasih Sebagian Gaji Ke Orangtua?

Puji Astuti Official Writer
3750

Sudah kerja dan mulai punya penghasilan sendiri, tentu aja seneng ya. Sekarang, kalau mau pengen sesuatu kita ngga perlu minta uang ke orangtua lagi. Jadi ngurangin beban ortu tersayangkan.

Nah, kamu sempet kepikiran nih untuk memberikan sedikit dari gajimu untuk orangtuamu. Perlu ngga sih?

Orangtua emang ngga minta dari kamu, tapi sebagai anak kita juga ingin berbakti dan berbagi sedikit beban dalam keluarga. Bahkan seringkali uang yang kita kasih ke orangtua juga ngga dipakainya loh, seperti dulu almarhum ibuku, dia suka menyimpan uang yang aku kasih dan akan dikeluarkannya kalau keluarga sedang ada kebutuhan mendesak.

Apakah ngasih duit ke orang tua itu hal penting?

Alkitab mengajarkan kepada kita untuk menghormati ayah dan ibu kita, bahkan Yesus sendiri mengajarkan hal ini:

Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Mengapa kamupun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu? Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati. Tetapi kamu berkata: Barangsiapa berkata kepada bapanya atau kepada ibunya: Apa yang ada padaku yang dapat digunakan untuk pemeliharaanmu, sudah digunakan untuk persembahan kepada Allah, orang itu tidak wajib lagi menghormati bapanya atau ibunya. Dengan demikian firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadatmu sendiri.

Hai orang-orang munafik! Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu:

Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.” (Matius 15:3-9)

Yesus memandang sangat penting untuk memelihara orangtua kita, karena hal itu adalah bagian dari melaksanakan perintah Tuhan, yaitu hukum Taurat yang diperintahkan Tuhan kepada Musa (Keluaran 20:12). Bahkan Ia tidak mengijinkan orangtua dan keluarga kita terabaikan, demi memberikan persembahan. Yesus mengajarkan kita prioritas, persembahan ke gereja bisa ditunda, tapi kebutuhan orangtua dan keluarga tidak boleh diabaikan.

Mengasihi sesama mulai dari orang yang terdekat

Bahkan dalam 1 Yohanes 3:17-18 dituliskan, “Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya? Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.”

Bagaimana kita bisa berkata bahwa kita mengasihi sesama, jika orang-orang terdekat kita saja tidak kita pedulikan? Tuhan menganggap penting hubungan dalam keluarga, terlebih dengan orangtua kita.

Berkat bagi anak yang berbakti kepada orangtua

Jika kita membaca 10 Perintah Allah, setelah Tuhan memerintahkan aturan berkaitan hubungan antara Tuhan dan manusia pada hukum ke-1 hingga ke-4, di urutan ke-5, Tuhan bicara hubungan anak dan orangtua.

Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.” (Keluaran 20:12)

Ada berkat istimewa bagi anak yang menghormati orangtua, yaitu berkat umur panjang kepada anak tersebut. Bahkan di Ulangan 5:16 bukan hanya itu, ada berkat lainnya yaitu, “baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.”

Artinya, jika kita memberikan penghormatan kepada orangtua seperti yang Tuhan inginkan maka kita akan diberikan umur panjang, kesehatan dan juga kelancaran rejeki dalam segala yang kita kerjakan.

Orangtua tidak mengharapkan uang kita

Perlu diingat ya, kebanyakan orangtua tidak berharap pemberian uang atau harta dari anak-anaknya. Melihat mereka berhasil saja dalam karir dan kehidupannya sudah menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi mereka.

Untuk itu, saat memberikan uang kepada orangtuamu lakukanlah dengan sikap yang hormat ya. Jangan sampai malah kamu membuat orangtuamu tersinggung. Sebab pemberianmu saat ini tidak sebanding dengan pengorbanan mereka selama membesarkan diri kita. Kita tidak tau apa saja yang sudah mereka korbankan, berapa banyak curahan kasih sayang dan juga air mata serta doa yang diberikannya bagi kita.

Jadi, berikan sebagian hasil kerja kerasmu itu dengan disertai ucapan terima kasih kepada ayah dan ibumu. Buat mereka mengerti betapa kamu bersyukur memiliki orangtua seperti mereka. 

Kamu punya pengalaman pribadi tentang hal ini? Yuk share disini...

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami