Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
698


Apakah kamu sudah berusaha untuk melakukan sesuatu yang kamu pikirkan.  Hal ini selalu memenuhi pikiran kamu, mulai dari ketika kamu mengemudi, jogging, memasak, berjalan-jalan, ngurus kebun bahkan sampai bangun di pagi hari. Tapi kamu nggak yakin, bahwa itu adalah sesuatu yang Allah kehendaki atau tidak untuk akmu lakukan. Lantas, gimana kamu bisa tahu tanpa ragu kalau Tuhan akan selalu berada dalam petualangan yang besar bersama kamu?

Sebenarnya, Tuhan ingin membantu dan membawa kamu melewati lompatan yang sangat eksponensial dan Dia ingin membimbing kamu melewati lompatan iman terbesar itu. Tapi kamu lebih dahulu mempercayainya.

Selain itu, inilah beberapa langkah yang mungkin bisa kamu lakukan untuk membantu kamu melewati lompatan iman kamu dalam kehendaknya Allah :

1. Ambillah waktu untuk kamu berdoa

"Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku." (Mazmur 25:4)

Nggak cuma itu, kalau kita membaca di dalam 1 Samuel 14:36, kita akan melihat bagaimana Saul ingin berperang dengan orang Filistin : "Lagi kata Saul: "Marilah kita pada malam ini mengejar orang Filistin dan menjarahi mereka sampai fajar menyingsing dan janganlah kita biarkan hidup seorangpun dari mereka." Jawab mereka itu: "Perbuatlah apa yang kaupandang baik." Tetapi imam berkata: "Marilah kita dahulu tampil menghadap Allah di sini."

Ketika kita membaca kisah dari beberapa orang besar dalam Alkitab seperti Abraham, Musa dan Daud, maka kita bisa melihat bagaimana mereka semuanya berdoa dan juga bertanya kepada Tuhan tentang apa yang harus mereka lakukan . Nggak cuma itu, mereka juga ingin mengikuti arahannya dan akhirnya mereka selalu berhasil.

2. Dengarkan suara Tuhan, dengarkan!

Sangat sering ketika kita meletakkan permintaan kita di hadapan Tuhan dalam doa dan kemudian kita melanjutkan perjalanan kita tanpa menunggu jawaban dari Tuhan.

Kamu harus tahu bahwa kadang Tuhan akan menjawab dengan segera tapi di lain waktu Dia juga ingin kita menunggu dengan sabar pada waktuNya. Jadi kita harus terus berdoa, mendengarkan dan bertanya, kemudian mendengarkan lebih banyak  lagi sampai kita merasakan gerakanNya juga doronganNya sehingga kita mengambil langkah berikutnya, atau tidak.

"Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan." (Amsal 1:5)

"Dan kata-Nya: "Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!" (Markus 4:9)

3. Pelajarilah Firman Tuhan

Tuhan akan bicara kepadamu melalui firmanNya, melalui Alkitabmu. Firman Allah yang kamu baca berulang kali akan selalu memiliki makna baru ketika kamu menerapkannya pada sesuatu yang sedang kamu pertimbangkan dalam hidupmu.

"Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku." (Mazmur 119:105)

BACA JUGA :4 Hal Ini Akan Membantu Kamu Menyalurkan Berkatmu Dengan Tepat dan Berkenan!

4. Lakukan penelitian atau membaca lebih banyak buku atau apa saja yang akan memberikanmu rhema.

Mulai dari membaca buku, blog, dan artikel mengenai topik yang kamu sedang gumulkan. Cari tahu apa yang orang lain katakan tentang itu.

Carilah nasihat yang bijak dari orang lain. Bicaralah kepada banyak orang di sekitar kamu dan pertimbangkan pendapat mereka kemudian ajukan pertanyaan yang membuatmu mengerti sesuatu.

Ngobrol sama orang yang seiman dengan kamu ya, yang memiliki hubungan dengan Allah.

Jika kamu bingung, renungkan kembali apa yang kamu baca dan seimbangkan dengan apa yang sesuai dengan karakter dan perintah Tuhan.

"Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak." (Amsal 15:22)

5. Carilah konfirmasi

Semakin kamu sering berdoa, mendengarkan, membaca Alkitab dan melakukan penelitian, maka semakin kamu mendengar apa yang Allah kehendaki mengenai loncatan iman yang kamu rindukan.

Tiba-tiba, semua orang akan membicarakan apa yang sedang kamu pertimbangkan. Jika ini adalah kehendak Tuhan untukmu, maka pintu akan mulai terbuka dan kemudian kamu akan membuat sebuah keputusan yang besar, masalahnya apakah kamu akan berjalan atau tidak.

Dalam pengalaman saya, ketika kamu melakukannya maka Dia akan membuka yang baru.

"Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu. Oleh karena hamba-Ku Yakub dan Israel, pilihan-Ku, maka Aku memanggil engkau dengan namamu, menggelari engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku." (Yesaya 45:3-4)

Tahukah, ketika Tuhan menginginkan maka Dia akan melakukan dengan caraNya. Teruslah setia dan lakukan 5 hal diatas. Saya percaya kamu akan mengalami loncatan iman yang luar biasa dan eksponensial di akhir tahun ini. Amen!

Sumber : crosswalk | Jawaban


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

pengiran lang 21 February 2020 - 19:48:28

Menjaga untuk tetap hidup kudus

0 Answer

Itin N 21 February 2020 - 02:41:08

Cara berhenti dari kecanduan judi

0 Answer

Tommy Suherman 17 February 2020 - 08:40:37

Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi .. more..

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7264

Banner Mitra Februari 2020 (2)