Ternyata, Tidur Miring Ke Kiri Banyak manfaatnya Dari Pada Ke Kanan. Ini Buktinya!
Sumber: The Telegraph

Health / 7 October 2019

Kalangan Sendiri

Ternyata, Tidur Miring Ke Kiri Banyak manfaatnya Dari Pada Ke Kanan. Ini Buktinya!

Naomii Simbolon Official Writer
2336

Tahu nggak sih kalau ternyata tidur itu sangat berpengaruh untuk kondisi kesehatan loh. Pada umumnya dokter akan menyarankan kamu untuk tidur miring sehingga gaya gravitasi kamu bisa terjaga dan menjaga isi perutmu.

Beberapa orang juga percaya bahwa tidur miring menghadap ke kanan itu akan lebih bagus dari pada menghadap ke kiri, karena bisa melindungi jantung dari posisi tertindih atau tertekan organ lainnya.

Tapi kenyataannya nggak selamanya begitu loh. Tidur ke kiri itu bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti yang dikemukanan oleh Dr. John Doullard, pakar kesehatan ayurveda :

1. Kinerja jantung lebih maksimal sehingga memperlancar sirkulasi darah keseluruh tubuh.

Tidur miring itu membantu mengalirkan getah bening menuju jantung loh, yang dimana hal ini akan mengurangi beban kerja jantung.

Jadi jantung akan memompa darah lebih baik keseluruh organ tubuh.

Pengaruh gravitasi ini akan membuat kinerja jantung menjadi lebih ringan. Selain memudahkan aliran getah bening menuju jantung, sirkulasi darah ke jantung juga akan meningkat dan pembuhn darah ke jantung jadi berkurang.

Intinya, dengan darah yang tersirkulasi maksimal, tubuhmu akan lebih sehat, terhindar dari penyakit karidovaskular, kulit lebih berseri dan awet muda. Wah!

2. Pergerakan makanan pada sistem pencernaanmu jauh lebih mudah dan lancar.

Jadi tidur di sisi kiri akan menyebabkan pankreas, lambung dan usus menggantung secara alami dan memiliki ruang yang memadai untuk melaksanakan pencernaan.

Hal ini akan membuat produksi enzim pankreas bekerja maksimal. Sehingga proses penyerapan makanan dan hormon yang dihasilkan juga lebih efesien.

Selain itu, pergerakan limbah makanan dari usus kecil ke usus besar juga akan jauh lebih mudah dan lancar. Usus besar kemudian mengangkut bahan limbah ini melalui perut di sebelah kanan, dan akhirnya membuangnya ke dalam usus turun terletak di sisi kiri tubuh kamu. Metabolisme juga akan mudah bergerak karena peningkatan gravitasi.

BACA JUGA : 6 Camilan Sehat Yang Simple Banget Untuk Dibikin Di Kos-kosanmu!

3. Terhindari dari ancaman penyakit serius karena fungsi pengeluaran infeksi dan racun lebih maksimal

Sistem limfatik adalah sisem yang membantu jaringan dan organ untuk membawa cairan yang disebut getah bening ke seluruh tubuh. Cairan getah bening melakukan tugas-tugas penting yakni membawa sel darah putih memerangi infeksi dan membersihkan tubuh dari racun dan zat berbahaya lainnya.

4. Buat kamu yang sakit maag, tidur miring ke kiri adalah cara untuk mencegah asam lambungnya kamu nggak naik, jadi nggak mulas dan mual deh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Gastroenterology menemukan bahwa tidur dalam posisi ke kiri dapat membantu mengurangi gejala asam lambung, karena menutup sambungan antara perut dan kerongkongan yang memicu mual dan insomnia.

Coba buktikan, kertika maag kambuh dan perut terasa mulas atau mual, cobalah berbaring ke sisi kiri selama 10 menit. Maka rasa sakit pun akan berkurang.

Daripada tidur tengkurap, mari belajar tidur miring ke kiri yaa.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami