Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
781


Sekarang ini, ada banyak tindak kriminal yang mengancam kita. Mulai dari kekerasan secara verbal, sampai kekerasan dalam fisik. Kekerasan itu nggak cuma ada di luar rumah, lho. Nggak jarang juga ada kasus orang-orang yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan kepada anak, dan masih banyak lagi.

Supaya kita nggak jadi korban, tentu ada keinginan buat bisa menjaga diri sendiri dengan belajar bela diri. Bela diri itu kan dekat sekali dengan kekerasan, sementara orang Kristen diajarkan untuk mengasihi, memaafkan dan melakukan kelemah lembutan. Bersama dengan Marsya Manopo, yuk kita bahas bersama JC Channel.

Apa yang Alkitab katakan soal bunuh diri?

Banyak dari kita yang sudah pasti pernah mendengar soal bela diri. Ada banyak sekali macamnya. Bela diri sendiri tercatat di Wikipedia sebagai suatu kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang mempertahankan diri atau membela diri.

Sebagai orang percaya yang membawa damai dan anti perang, kita jadi punya pertimbangan untuk melakukan bela diri ini. Beberapa orang Kristen bahwa percaya kalau bela diri ini tidak sesuai dengan iman Kristiani yang diajarkan.

Dari banyaknya pro dan kontra bela diri, kita harus ingat kalau bela diri merupakan untuk seni, untuk keindahan. Kalau kita lihat di beragam pertandingan atau olimpiade, kebanyakan bela diri, atau dalam bahasa Inggrisnya adalah martial arts, maka yang dinilai adalah keindahannya, kelenturan tubuh, atau kelincahan.

"Kalau motivasinya untuk yang seperti itu, untuk keindahan, buat aku sih ya nggak masalah. Kecuali kalau dia latihan bela diri khusus untuk balas dendam seperti itu, khusus buat emosi, nah buat aku itu yang salah," ungkap Marsya.

Sebelum kita melakukan pelatihan bela diri, Marsya mengingatkan kita untuk mempertanyakan kembali soal apa motivasi kita saat belajar bela diri tersebut.

Beragam jenis bela diri, mana yang boleh, dan mana yang tidak?

Jenis bela diri itu beragam, dari muay thai, taekwondo, pencak silat, kungfu, dan banyak jenis lainnya, bela diri bertujuan untuk kesehatan, latihan fisik, atau sebagai tujuan militer. Jadi, pada awalnya, bela diri bertujuan untuk keselamatan diri.

Tuhan Yesus pernah ngomong sama murid-muridNya, saat Ia mau ditangkap, ada dalam Lukas 22:36-37, "Jawab mereka: "Suatu pun tidak." Kata-Nya kepada mereka: "Tetapi sekarang ini, siapa yang mempunyai pundi-pundi, hendaklah ia membawanya, demikian juga yang mempunyai bekal; dan siapa yang tidak mempunyainya hendaklah ia menjual jubahnya dan membeli pedang. Sebab Aku berkata kepada kamu, bahwa nas Kitab Suci ini harus digenapi pada-Ku: Ia akan terhitung di antara pemberontak-pemberontak. Sebab apa yang tertulis tentang Aku sedang digenapi." Kata mereka: "Tuhan, ini dua pedang." Jawab-Nya: "Sudah cukup.""

Dari kisah di atas, kita bisa mengetahui kalau ternyata Tuhan Yesus menyuruh para murid untuk membeli pedang. Untuk apa pedang itu digunakan?

Marsya menjelaskan, "Saat kita melihat cerita selanjutnya, maka pada waktu Tuhan Yesus mau ditangkap, Petrus langsung ngeluarin tuh pedangnya, mutusin kupingnya. Tapi kemudian, Petrus dimarahin sama Tuhan Yesus. Lucu, ya?"

Pada momen ini, kita mengetahui kalau Yesus mau muridNya punya pedang, tetapi ketika digunakan, Yesus malah marah. Lewat perenungannya, Marsya menjelaskan kalau di waktu tersebut, murid-murid Tuhan lagi mengalami yang namanya tekanan, persekusi, yang membahayakan kehidupan mereka. Bahkan hidup para murid waktu itu mau dikejar-kejar dan mau dibunuh.

"Jadi sepertinya, Tuhan Yesus mengijinkan untuk mereka berjaga-jaga, berjaga-jaga gitu ya, sama seperti Yehezkiel, kalau di Yehezkiel 33 itu dia ngomong, kalau Yehezkiel menjadi penjaga, penjaga itu kan dia berjaga-jaga," terangnya.

Buat para penjaga, kalau ada orang yang mengacungkan pedang ke arahnya, mereka akan langsung perang. Namun intinya, perang tersebut digunakan untuk melindungi diri sendiri.

Jadi, bela diri, kalau untuk melindungi diri sendiri, Alkitab nggak menuliskan kalau ini boleh atau tidak. Buat kamu yang mau berlatih bela diri, yuk simak video lengkapnya di JC Channel dengan klik gambar di atas.

Sumber : JC CHANNEL

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pransisca Ivana 22 November 2019 - 09:03:00

Mohon bantuan doanya untuk saya kiranya Tuhan berk.. more..

1 Answer

Anggun Nur amali 21 November 2019 - 13:56:17

Dampak jika tidak melayani pelanggan dengan baik

0 Answer

Jupry 21 November 2019 - 13:54:45

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk berju.. more..

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7267

Banner Mitra November Week 3