Kamu Sibuk Tapi Belum Produktif? Atasi Dengan Lakukan 3 Langkah Ini
Sumber: Pexels.com

Finance / 30 July 2019

Kalangan Sendiri

Kamu Sibuk Tapi Belum Produktif? Atasi Dengan Lakukan 3 Langkah Ini

Puji Astuti Official Writer
1805

Apakah kamu sibuk hari ini? Wah sibuk banget nih, sampe makan siang aja kelupaan.

Pertanyaan kedua adalah, apakah kamu produktif? Nah, ini pertanyaan sulit ya. Kadang kita sibuk seharian tapi kok yang dihasilkan masih belum seperti yang diharapkan.

Apa yang jadi penyebabnya?

Saat ini nih kita hidup di jaman disruptions (gangguan), dimana gangguan muncul dimana-mana dan kadang sulit untuk konsentrasi. Gangguan ngga selalu hal-hal besar, mulai dari pemberitahuan dari grup whatsapp, notifikasi sosial media, email, telephone atau bahkan berita yang lagi viral.

Gimana agar kita bisa fokus untuk kerja dan produktif, ngga cuma kelihatan sibuk?

1# Kenali pola kerja kamu

Setiap orang pasti punya kebiasaan atau pola kerja. Contohnya saya, sukanya kerja di tempat yang tenang dan ngga banyak orang yang berisik. Ada yang suka kerja dengan musik, atau dengan meja yang berantakan, dll.

Nah, pola kerjamu seperti apa?

2# Memecah pekerjaan menjadi tugas-tugas kecil yang bisa diselesaikan dalam waktu 20-30 menit

Buatlah daftar pekerjaanmu dulu, lalu setelah kamu tahu apa saja yang harus diselesaikan pada hari itu, maka alokasikan waktu 20-30 menit untuk setiap pekerjaan tersebut.

Disela-sela waktu antara pekerjaan itu, selipkan waktu untuk istirahat sejenak. Mungkin itu tea break atau coffee break. Atau mungkin kamu selipkan waktu untuk berjalan sebentar untuk melenturkan tubuh setelah duduk selama setengah jam atau bahkan mungkin berjam-jam.

3# Alokasikan waktu khusus untuk disruption/gangguan tadi

Ya, daripada sebentar-sebentar cek handphone lebih baik sediakan waktu khusus untuk memeriksa whatsapp, membalas email, atau sekedar memeriksa sosial media kamu. Tapi jangan lama-lama ya. Maksimal 10 menit aja.

Kalau kalian bisa melakukan 3 hal di atas, dijamin deh akan lebih produktif, ngga cuma sibuk doang. Semangat kerja ya teman, sukses untuk karirmu.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami