Naomii Simbolon

Official Writer
1338


Menjadi orangtua merupakan sebuah tanggung jawab yang sangat penting.

Kamu sudah ada anak dan tentu kamu harus memikirkan rencana besar untuk hidupnya, seperti memberikan segala yang dibutuhkannya untuk bisa tumbuh dewasa dan memberikan seluruhnya untuk mereka bisa menjalani kehidupan yang bahagia, sehat dan sukses.

Sementara hati kamu berada di sebuah tempat yang tepat, maka menabung untuk mengamankan masa depan si kecil sangat melibatkan serangkaian keputusan yang praktis. Memang jalannya banyak, tapi kita perlu tahu gimana cara melakukannya.

Nah,  inilah hal yang bisa kamu lakukan demi menyelamatkan masa depan anak kamu :

1. Mulailah lebih awal

Cara terbaik untuk mulai menabung untuk masa depan anak kamu adalah dengan memulai sesegera mungkin. Ya, mungkin anak kamu masih bayi tapi justru itulah awal yang mudah untuk kamu memulai menabung karena biaya pengeluaran kamu kan masih relatif kecil, dan kamu bisa menyimpan uang lebih banyak sekarang ini daripada nanti.

Jadi, mulailah sejak dini sehingga bisa membantumu membangun momentum selama tahun-tahun ke depan. Bukalah rekening tabungan sederhana untuk anak kamu dan mulailah menyetor uang dalam jumlah yang kecil secara teratur.

2. Hitunglah berapa banyak uang yang kamu butuhkan

Untuk mulai menabung, kamu perlu sebuah gagasan dasar tentang seberapa banyak yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan kamu.

Pertama, berapa angka yang akan kamu tabung? Apa tujuan kamu menabung?

Katakanlah kamu menabung untuk pendidikan kuliah anak kamu. Hitunglah biaya pendidikan yang ingin kamu tabung secara keseluruhan, lalu bagilah perbulan dan menabunglah sebesar itu secara rutin.

Dengan begitu kamu bisa menabung dengan jauh lebih giat.

BACA JUGA :

Sibuk Kerja Lupa Diri. Nih, 3 Trik Ini Sangat Ampuh Bikin Kamu Berhenti Jadi Workaholic!

3. Menghematlah untuk pengeluaran harian kamu

Cara ini memang tidak terlihat tapi sangat berharga karena dengan menghemat hal-hal kecil dari sekarang maka berguna sekali untuk masa depan anak kamu.

Jadi, gunakanlah uang kamu dengan baik. Kalau perihal belanja, jika ada yang diskon kenapa tidak mengejar itu. Dan mulailah hidup minimalis dimana membeli yang perlu saja, jika tidak perlu sebaiknya tidak usah dibeli.

Nah, duitnya bisa di sisihkan dan ditabung kan?

4. Manfaatkanlah hadiah yang ada

Ketika anak kamu baru lahir, mungkin kamu akan dibanjiri dengan banyaknya hadiah. Mulai dari teman-teman dan mungkin ibu atau kakak dan saudara lainnya memberimu emas atau perak dalam berbagai bentuk, dan ini adalah saat yang tepat untuk kamu mulai menabung.

Akumulasikanlah semua hadiah itu dan simpanlah, manfaatkanlah di waktu yang tepat, ketika harga jual pasar naik maka juallah.

Nah, mungkin itulah 4 hal yang kamu bisa lakukan untuk membantu mempersiapkan masa depan yang cerah dan baik untuk anak-anakmu. Jika bukan sekarang, kapan lagi? Jangan sampai anak-anakmu memiliki masa depan yang suram hanya karena kamu tidak mempersiapkan apapun saat ini. 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7242

Banner Mitra Juli 1-2