Gampang Sakit Bikin Harimu Berantakan? Mungkin Ini Pemicunya. Hati-hati Loh!
Sumber: unsplash

Health / 6 October 2023

Kalangan Sendiri

Gampang Sakit Bikin Harimu Berantakan? Mungkin Ini Pemicunya. Hati-hati Loh!

Naomii Simbolon Official Writer
3169

Apakah kamu salah satu dari sekian banyak orang yang sering dan mudah terkena virus penyakit? Mulai dari flu, batuk, dan sakit kepala.

Beberapa orang mungkin sudah terbiasa dengan hal ini, tetapi jika melulu dibiarin maka ini bisa berakibat buruk bagi kita di kemudian hari serta menganggu aktivitas kita.

Ketahuilah, bahwa kesehatan kamu saat ini merupakan hasil dari apa yang kamu makan.

Jika kamu nggak makan makanan yang seimbang maka tubuh kamu nggak akan berfungsi dengan baik. Sebab pola makan yang buruk akan meningkatkan resiko terhadap berbagai penyakit.

Jadi, kamu sangat butuh nutrisi yang baik seperti vitamin dan air mineral untuk tubuh.

1. Vitamin D

Jika kamu sering sakit, maka kamu perlu meningkatkan asupan vitamin D.

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa suplemen vitamin D mampu memperkecil  kesempatan seseorang terkena infeksi saluran pernapasan akut.

Kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan sistem kekebalan yang meleham. Jadi, cobalah tingkatkan asupan vitamin D kamu dengan makan ikan yang berlemak, kuning telur dan jamur. Selain itu, berjemurlah dibawah matahari 10-15 menit perhari.

2. Dehidrasi

Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh kita sangat bergantung pada air. Karena air itu membawa nutrisi dan mineral ke sel, selain itu air mineral juga membantu mulut hidup dan tenggorokan tetap lembab, sehingga gampang terhindar dari penyakit.

Meskipun tubuh terdiri dari 60 persen air, tetap saja kamu akan kehilangan banyak cairan melalui buang air kecil, buang air besar, berkeringat dan bahkan bernafas.

Dehidrasi terjadi ketika kita kekurangan cairan yang hilang di dalam tubuh.

Jangan anggap sepele, dehidrasi ringan bisa terjadi dan nggak diidentifikasikan loh, dan hal itulah yang bikin kita menjadi mudah sakit.

Salah satu gejala dehidrasi ringan adalah sakit kepala, kelelahan, dan sembelit.

Sementara itu, dehidrasi yang akut bisa mengancam jiwa kita, misalnya sakit kepala, mata cekung, haus yang ekstrim, detak jantung yang cepat, tekanan darah yang rendah, bingung dan lesu.

Kalau sudah begitu, maka rutinlah minum air sepanjang hari, terutama ketika kondisi hari sedang panas atau lembab.

Selain itu, makanlah makanan yang mengandung kadar air yang tinggi seperti buah-buahan, sayuran.

 

Baca juga: Macam-macam Masalah Dalam Menstruasi. Perempuan Harus Tahu!

 

3. Kurang tidur

Orang yang kurang tidur biasanya akan cenderung jatuh sakit.

Sistem kekebalan tubuh kamu akan melepaskan sitokin ketika kamu tidur. Dan sitokin tersebut akan membawa protein yang melawan peradangan dan penyakit.

Jika kamu kurang tidur, maka tubuh kamu nggak akan bisa menghasilkan protein yang cukup dalam melindungi tubuh kamu.

Malah kurang tidur akan menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan virus secara alami.

Kurang tidur keseringan bisa meningkatkan resiko buruk bagi kesehatan kamu, misalnya kegemukan, penyakit jantung, diabetes.

Jadi teraturlah tidur, seperti 7 sampai 8 jam setiap harinya.

Nah, itulah 3 hal yang membuat kamu gampang sakit. Jadi, pastikan memeriksa dirimu dengan 3 hal di atas ya dan mulailah rutinitas atau gaya hidup yang baru. Tubuhmu adalah bait suci Allah dan untuk memuliakan Tuhan, jadi rawatlah dengan baik untuk-Nya.

Sumber : Jawabancom
Halaman :
1

Ikuti Kami