Jangan Dibuang! Biji Pepaya Tak Diduga Bisa Sehatkan Mata Loh…
Sumber: HonestDocs

Health / 5 June 2019

Kalangan Sendiri

Jangan Dibuang! Biji Pepaya Tak Diduga Bisa Sehatkan Mata Loh…

Lori Official Writer
2081

Tak perlu habiskan banyak uang untuk jaga kesehatan mata. Selama kamu disiplin melakukannya, mata kamu akan senantiasa berbinar indah dengan tatapan yang menebarkan aura kebahagiaan.

Menurut Dr. Rini Mahendra SpM salah satu cara perawatan murah ialah dengan mengonsumsi biji pepaya. Konon biji pepaya mengandung senyawa likopen yang penting bagi kesehatan mata.

Bila kamu tidak tahan akan rasa getirnya, maka kamu dapat mengonsumsinya dengan ditambah madu, atau sebagai campuran minum teh. Selain itu bisa juga biji tersebut dijemur atau disangrai untuk kemudian dimakan sebagai snack. Konsumsilah secara teratur, kira-kira tiga kali sehari sebanyak sepuluh butir.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mata. Misalnya makanan yang kaya kandungan antioksidan, seperti karotin (banyak dijumpai pada sayuran wortel dan bayam), mengandung seng (terdapat pada daging sapi atau domba), dan selenium (pada ikan atau daging merah).

Sudah sering pastinya orang tua mengingatkan untuk makan wortel supaya mata kita cerah. Tetapi ternyata data yang diterbitkan di Archives of Ophthalmology menunjukkan bahwa buah-buahanlah yang akan memberikan perlindungan dan mencegah kerusakan mata. Tiga porsi buah per hari akan mencegah kerusakan mata dengan sangat kuat.

Baca Juga:

Ternyata Bakteri Mulut Bisa Sebabkan Stroke Loh, Begini Cara Penyebarannya!

 

Ikut Lari di ‘Fun Run ‘Hero of Change’, Selain Sehat Kamu Juga Bisa Beramal Loh!

Sementara dalam kesehariannya, menjaga mata pun tak membutuhkan banyak pantangan. Menonton televisi merupakan hal yang aman bagi mata, karena peregangan di mata saat melihat televisi tidak terlalu berlebihan dibanding saat membaca. Tetapi ada beberapa hal kecil yang mesti kamu perhatikan.

Perhatikan pencahayaan yang memadai, usahakan agar tidak terlalu besar dan terlalu rendah. Pencahayaan yang terlalu kuat dapat mengurangi kontras di layar dan mengaburkan pandangan. Sebaiknya tidak menempatkan sumber cahaya yang dapat mengakibatkan pantulan di televisi, dan jaga warna di sekitar televisi bercorak netral.

Sebaiknya cahaya di ruang televisi tidak gelap total. Ruangan yang gelap total mengakibatkan kontras televisi menjadi berlebihan sehingga mengganggu kenyamanan mata.

Untuk jarak menonton, setidaknya jarak antara mata dan televisi adalah lima kali diameter layar. Pada jarak tersebut, gambar dapat terlihat jelas dan tidak mengganggu mata. Jika sering menonton dalam jarak dekat, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kesehatan mata.

Pastikan televisi telah diatur dengan baik, sehingga posisi televisi sejajar dengan mata dan ketika menonton tidak harus mendongak atau membungkuk.

Berinteraksi dengan layar komputer dalam waktu lama mengakibatkan mata teregang dan kering. Beberapa tips yang berkaitan dengan layar televisi dapat digunakan saat menggunakan komputer.

Jika sudah terlalu lama, sebaiknya berhenti dulu beberapa saat untuk mengistirahatkan mata. Selain itu, sering berkedip juga disarankan untuk menghindari mata kering.

Jarak antara layar monitor dengan mata sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai degan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata.

Pastikan monitor yang kamu gunakan dapat diatur kemiringannya agar mudah menyesuaikan dengan posisi mata. Jika memiliki dana, sebaiknya menggunakan monitor LCD (layar datar) karena radiasinya lebih rendah dibanding dengan monitor CRT (layar tabung).

Gunakan screen protector di layar komputer untuk mengurangi pancaran radiasi. Pun jika mengalami gangguan penglihatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli mata, dan jangan sekali-kali berusaha untuk memperjelas pandangan mata dengan mengusapnya menggunakan jari, karena hal ini dapat menyebabkan retina mata sobek.

Sumber : rileks.com
Halaman :
1

Ikuti Kami