Buat Kamu Yang Masih Cemburuan Sama Pacar, Yuk Atasi Dengan Lakukan 5 Hal Ini
Sumber: Saidaonline

Single / 4 June 2019

Kalangan Sendiri

Buat Kamu Yang Masih Cemburuan Sama Pacar, Yuk Atasi Dengan Lakukan 5 Hal Ini

Puji Astuti Official Writer
2282

Kata orang cemburu itu tandanya cinta, dan itu adalah hal yang wajar. Tapi apakah itu benar?

Tapi jujur saja, semakin kamu cemburuan semakin menderita kamu. Ngga hanya itu, gara-gara rasa cemburu hubungan kamu dengan pacar pun jadi ngga romantis lagi, karena lebih sering ribut gara-gara rasa cemburu yang kadang tidak berdasar. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mengatasi rasa cemburuan itu. Toh dalam sebuah hubungan, jika kita ingin pasangan berubah, maka kita sendiri dulu yang harus berubah...

Gimana caranya? Yuk ikuti 5 langkah berikut ini:

1 Cari tahu akarnya.

Cari tahu akar rasa cemburu anda yang begitu besar. Apakah itu dari masa kecilmu, dari pergaulanmu, atau dari rasa trauma tertentu yang pernah kamu alami. Mengetahui akar adalah hal penting yang harus kamu lakukan supaya kamu bisa melakukan pemberesan sampai ke akar-akarnya juga. Jika kamu sudah tahu penyebabnya mengapa, maka mulailah bertindak.

Jika itu karena kamu selalu dinomorduakan di dalam keluarga jika dibanding dengan kakak atau adikmu, maka ini saatnya untuk mengampuni mereka supaya kamu bisa bebas dari rasa tidak aman itu.

Kalau itu disebabkan karena kamu berada didalam pergaulan yang salah dimana teman-teman kamu adalah "kompor' yang selalu membakar rasa cemburumu, maka pertimbangkanlah untuk mencari teman-teman lain yang bisa membawa efek positif dalam diri kamu.

Kalau itu akibat dari penghianatan yang pernah pasangan kamu atau kamu lakukan sendiri, maka sudah saatnya kamu melupakan masa lalu dan belajar berpikir positif. Dengan tahu akarnya, rasa cemburu bisa dijinakkan.

2 Terbuka dengan pasangan

Pada awal hubungan, pasangan yang selalu dicemburui akan merasa tersanjung dan dicintai oleh pasangannya itu. Tapi lama kelamaan, rasa cemburu akan menjurus ke masalah serius dan pasangan yang dicemburui akan makin menjauh karena merasa tidak nyaman. Lama kelamaan dia akan mulai berbohong untuk mengatasi rasa cemburu pasangannya dan mulai tidak sehatlah hubungan itu kemudian. Karena itu, jika anda tahu bahwa anda seorang pencemburu, komunikasikan ini dengan pasangan anda, asalkan dengan keinginan untuk berubah ke arah yang lebih baik, bukan untuk semakin mengekangnya.

Jika hubungankamu dan pasangan memang baik, maka keterbukaan ini akan membantu pasanganmu bertindak dan diapun akan membantu kamu mengatasi masalah ini. Selain itu, jika ada keterbukaan mengenai ini maka kesimpulan akan kesetiaan pasanganmu tidak perlu selalu menjadi pertanyaan.

3 Rasa percaya itu penting

Sebuah hubungan tanpa rasa percaya bukanlah hubungan yang sakit dan bahkan menjurus ke kematian. Belajarlah untuk mulai mempercayai pasangankamu sepenuhnya walau ia pernah melakukan kesalahan yang mengecewakan kamu. Hubungan tanpa rasa percaya hanya akan menyakiti dua pihak. Jika ada rasa percaya, kecemburuan bisa pergi dengan sendirinya.

  4 Kasihani dirimu

Seperti sudah disebut diatas, kecemburuan itu bisa menyiksa diri sendiri. Rasa tidak tenang, rasa was-was dan rasa marah bisa mewarnai hidup orang yang selalu cemburu. Tidak enak bukan? Karena itu mengatasi rasa cemburu adalah proses membebaskan diri sendiri dari semua perasaan menyiksa itu. Belajarlah untuk mulai tenang, berpikir positif, membalikkan posisi pasanganmu ke diri kamu sendiri, dan belajar mengerti pasangan kamu. Jika kamu berhasil menjinakkan rasa cemburu sedikit demi sedikit, dirimu sendirilah yang terbantu.

5 Lakukan yang terbaik

Rasa cemburu bisa berasal dari rasa tidak aman dan takut kehilangan. Perasaan ini bisa menjadi racun yang merusak hubungan kamu dengan siapapun jika tidak diatasi. Satu lagi cara mengatasinya ialah dengan memperbaiki diri dan melakukan yang terbaik. Dengan melakukan kedua hal itu, rasa percaya diri kamu bisa terbangun. Jika rasa itu terbangun maka kamu tidak perlu merasa tidak aman dan takut kehilangan pasanganmu.

Nah pastikan kamu melakukan 5 langkah di atas ya. Get   yourself free from jealousy!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami