2 Prinsip Wanita Dalam Mengelola Keuangan Yang Bisa Dipelajari di Amsal 31. Sudah Lakukan?

Finance / 28 May 2019

Kalangan Sendiri

2 Prinsip Wanita Dalam Mengelola Keuangan Yang Bisa Dipelajari di Amsal 31. Sudah Lakukan?

Naomii Simbolon Official Writer
3568

Kalau sering mempelajari Firman dan bergabung dalam sebuah komunitas hingga rajin ke gereja, maka mungkin kamu pernah mendengar mengenai wanita di Amsal 31.

Firman ini membahas banyak hal, salah satunya tentang gimana ibu atau wanita dalam memanejemen keuangannya.

Sebagai wanita, inilah prinsip yang bisa kita terapkan dari Amsal 31: 10-27 mengenai keuangan :

1. Wanita harus mengambil inisiatif

"Ia mencari bulu domba dan rami, dan senang bekerja dengan tangannya. Ia serupa kapal-kapal saudagar, dari jauh ia mendatangkan makanannya." (ayat 13-14)

"Ia membuat pakaian dari lenan dan menjualnya, dia menyerahkan ikat pinggang kepada pedagang." (ayat 24)

Mengeluh mengenai keuangan dan ingin mendapatkan lebih banyak uang adalah satu hal yang kerap dialami oleh banyak orang, khususnya wanita.

Tetapi ada begitu banyak wanita yang sekarang ini tak ingin mengambil tanggung jawab mengenai keuangan. Mereka menganggap bahwa ini adalah tanggung jawab suami.

Tetapi ayat ini justru mendorong agar wanita memainkan peran aktif dalam hal keuangan ini. Jadi, ladies gimana mungkin kamu bisa bermitra dengan suami kamu jika kamu nggak terlibat dalam pengambilan keputusan soal keuangan?

Jadi, cobalah berinisiatif terlibat dengannya bahkan dalam percakapan finansial. Karena itu bisa membuat kita sejajar dalam masalah keuangan, kemunduran dan tujuan keuangan, selain itu kamu juga memiliki rasa kepemilikan yang akhirnya memotivasi kamu untuk membuat keputusan yang bijak dalam mengatur keuangan.

Contohnya seperti wanita di Amsal 31, dimana dia melakukan sesuatu yang umum pada masanya, mencari bulu domba dan rami, tetapi dia juga tampaknya melakukan hal yang nggak terduga yaitu seperti kapal-kapal saudagar dari jauh mendatangkan makanannya. Dengan kata lain, wanita tersebut mempertimbangkan segala pilihan.

Jika diterjemahkan dalam kehidupan kita, itu berarti dia secara kreatif mencari penghasilan tambahan seperti mengambil pilihan mengasuh bayi sesekali, membersihkan rumah orang lain dan berbagai pekerjaan lainnya tanpa gengsi. Selain itu dia juga mengevaluasi harga belanja, mengatur makanan dengan baik dan mengurangi pemborosan.

Dalam kata lain, dia membeli apa yang dibutuhkan dan benar-benar menggunakan uang untuk membeli apa yang perlu.

2. Wanita harus rajin dan proaktif

"Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya, dan membagi-bagikan tugas kepada pelayan-pelayannya perempuan." (ayat 15)

"Ia memberikan tangannya kepada yang tertindas, mengulurkan tangannya kepada yang miskin." (ayat 21)

Dilihat dari sudut pandang yang praktis, itu berarti wanita harus menyiapkan makanan, menggoreng telur dan lain sebagainya.

Ternyata nggak cuma itu, ayat ini mengajar kita untuk kita melakukan hal yang membantu seperti menghindari produk, kegiatan yang memakan waktu banyak dan mahal.

Misalnya, daripada membeli salad yang sudah jadi, kenapa tidak mencuci dan memotong selada untuk bikin salad. Dari pada membeli makanan diluar, kenapa tidak memasak untuk makan siang kamu, anak dan suami? 

ARTIKEL TERKAIT :

4 Cara Membersihkan Keuangan dan Mengatur Ulang Kembali Lebih Baik!

Selain itu, prinsip kedua yang Tuhan kehendaki dari ayat ini adalah proaktif.

Misalnya, bangun pagi-pagi untuk merencanakan jadwal harian. Selain itu menjadi proaktif dalam perencanaan keuangan di masa depan.

Misalnya, apakah mesin cuci sudah seharusnya diganti? Apakah ban mobil sudah menipis dan perlu diganti?

Dengan begitu, kita jadi bisa menyisihkan uang setiap bulan untuk memerangi hal-hal kecil itu, jadi kedepan kita nggak perlu mengeluarkan uang sekaligus banyak.

Jika kita melakukan hal seperti ini konsisten, maka kamu akan hemat banget.

Nah itulah 2 prinsip yang wanita bisa kerjakan perihal keuangan dan penghematan. Semoga artikel ini memberkatimu ya!

Apakah kamu butuh didoakan soal keuangan? Atau memiliki pergumulan lainnya? Ayo, hubungi kami di SAHABAT 24: SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI.


Sumber : crosswalk | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami