Merasa Tertekan Tanpa Alasan Yang Jelas? Hadapi Dengan Cara Ini!
Sumber: New Roads Behavioral Health

Health / 28 May 2019

Kalangan Sendiri

Merasa Tertekan Tanpa Alasan Yang Jelas? Hadapi Dengan Cara Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
2123

Berapa banyak diantara kamu yang bertanya kepada dirimu sendiri, tentang "Mengapa saya merasa tertekan tanpa alasan yang jelas?"

Pernah nggak sih kamu merasakan hal tersebut? Menurutmu, benarkah itu datang tanpa alasan yang jelas?

Jawabannya adalah tidak, karena memang selalu ada alasan. Apapun itu, karena otak adalah organ yang kompleks dan dibutuhkan banyak kesadaran diri untuk sepenuhnya memahami pikiran dan emosi kita.

Depresi ringan itu cukup umum, dan semua orang memiliki masa dalam hidup untuk merasa sedih dan mengalami kesulitan untuk melepaskannya.  Mungkin kelihatannya nggak seperti masalah yang besar, tapi kalau kita membiarkan depresi ringan ini terus menerus dan memburuk maka itu bisa membuat kesehatan kita menurun dan juga kualitas hidup kita terganggu.

Kan, nggak mungkin dong kamu mau menghabiskan waktumu yang sangat berharga dengan perasaan yang tertekan dan menjalani hidup sepenuhnya seperti itu?

Nah, untuk melewati itu, maka inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengobati depresi atau rasa tertekan kamu!

1. Jalan-jalan

Ini merupakan cara termudah dan paling menyenangkan untuk meningkatkan suasana hati kamu dengan cepat. Selain itu, jalan-jalan juga bisa membantu kamu menghilangkan stres.

Jadi, cobalah rencanakan langkah kamu untuk berjalan lebih santai dan fokuskan perhatian kamu dengan setiap langkah disekitar kamu.

Saat pikiran kamu mengembara, biarlah perhatian kamu kembali ke langkah kaki kamu.

2. Bicara dengan teman, keluarga atau juga bisa telepon SAHABAT 24

Bicara dengan orang lain bisa membantu kita menyelesaikan masalah dalam pikiran kita sekalipun mereka mungkin nggak memberikan kita nasihat apa pun.

Kadang, hanya mengucapkan secara verbal tentang apa yang sedang terjadi dalam hidup kamu bisa membantu kamu mengetahui, alasan mengapa kamu tertekan loh.

Beberapa kali, orang meneleponku tanpa alasan yang jelas. Mereka hanya berkata bahwa mereka tertekan, dan menangis. Lalu saya mulai bertanya pelan-pelan dan merasakan dia dari segala sudut dan posisi, hingga akhirnya kami sama-sama menemukan pusat yang membuatnya tertekan, hingga akhirnya kami berdoa tepat sasaran dan saya memberinya sedikit nasihat dan Firman. Hal itu membuatnya menjadi lebih lega dan berani bersaksi serta bangkit kembali. Puji Tuhan!

Jadi, cobalah mengajak orang bercerita, baik itu sahabatmu, temanmu atau mungkin keluargamu.

Ketika kamu menyadari bahwa ada yang peduli padamu, maka itu pun bisa membuatmu aman dan suasana hatimu diperbaiki.

Jika kamu merasa tak seorang pun peduli sama kamu, maka coba deh hubungi kami di SAHABAT 24: SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI.

Karena kami selalu setia melayani, berdoa dan mendengarkan kamu, kapan pun dan dimana pun kamu berada.

3. Buatlah daftar yang membuatmu mengucap syukur

Percayalah bahwa ini adalah cara yang sangat ampuh. Aku sudah melakukannya!

Memang ada begitu banyak di dunia ini yang bikin kita depresi dan kerap sekali kita fokus terhadap itu.

Maka inilah saatnya untuk menempatkan pikiran kamu dalam perspektif yang tepat.

Fokuslah terhadap hal yang baik dan positif dalam hidup kamu.

Buatlah daftar hal-hal yang kamu syukuri, seperti kesehatan yang baik, perlindungan Tuhan dalam aspek perjalanan kamu, pekerjaan kamu, keluarga dan usaha serta lain sebagainya.

Kalau kamu merasa tidak satu pun yang membuatmu bersyukur, gali lagi lebih dalam, pasti ada.

4. Rencanakan liburan dengan teman

Kan bentar lagi liburan lebaran, dan biasanya kantor akan menyiapkan cuti bersama.

Nah, rencanakan dong liburan bareng teman-teman. Kalau misalnya kantor kamu nggak ada liburnya, maka rencanakan hangout dengan teman-teman.

Misalnya nonton sepulang kantor, makan malam sepulang kantor, karaoke dan lain sebagainya.

Ini akan membuat pikiran kamu istrahat dari semua masalah yang membuatmu tertekan.

Jadi,itulah 4 hal yang bisa kamu lakukan dalam melewati depresi atau tekananmu. Cari tahu akarnya dan doakan bersama temanmu. Hidup ini untuk dinikmati dalam kasih Tuhan, jadi jangan terlalu dibawa pusing ya! Semangat terus , teman.

 

 

Sumber : lifehack/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami