Meski Penting, Investasi Uang Perlu Disampingkan Oleh 4 Jenis Investasi Ini, Lho
Sumber: Get Rich Slowly

Finance / 28 January 2019

Kalangan Sendiri

Meski Penting, Investasi Uang Perlu Disampingkan Oleh 4 Jenis Investasi Ini, Lho

Inta Official Writer
1826

Kalau ditanya soal investasi mana yang paling baik, tentu aja jawabannya adalah investasi yang dilakukan sekarang. Nggak cuma menabung, investasi juga ngajarin kita buat jadi lebih bijak soal keuangan. Makin cepat kita lakukan investasi, walaupun dengan jumlah yang kecil, tetap saja hal itu akan jauh lebih baik dibandingkan dengan mereka yang belum memulainya.

Namun, selain berinvestasi dalam bentuk uang, ada pula investasi yang nggak kalah penting dengan keuangannya. Mencontek dari ungkapan Eileen Rachman selaku Managing Director Experd, berikut adalah tiga hal yang perlu diinvestasikan untuk diri sendiri, selain soal keuangan.

1.  Kesehatan

Percaya atau tidak, di luar sana, ada banyak orang yang akhirnya mengalami kebangkrutan karena harus mengeluarkan banyak uang untuk biaya pengobatan. Dan memang biaya kesehatan semahal itu. Untuk itu, selain menaruh uang dalam bentuk investasi, nggak ada salahnya kok ikut asuransi untuk jaga-jaga.

Lagi pula, rasanya nggak enak juga ya, kalau kita punya banyak uang, tetapi nggak bisa menikmatinya karena tubuh yang tidak sehat. Untuk menjadi sehat, kita perlu melakukan beberapa upaya, misalnya dengan mengonsumsi makanan yang sehat, rajin berolahraga, juga menjaga pola tidur.

Sekecil apa pun yang kita lakukan, kalau dilakukan dengan rutin, hal itu akan jadi kebiasaan yang menjadikan tubuh jadi lebih sehat.

2.  Keseimbangan

Disini, Eileen mengingatkan kita untuk berinvestasi pada pola hubungan dengan sekitar. Saking sibuknya, kita sering mengabaikan orang-orang yang ada di sekitar. Padahal, lewat mereka juga kita akan menerima banyak hal, lho.

Sesekali, cobalah untuk mengajak teman jalan-jalan. Sekedar mengobrol dan ngopi juga sudah cukup menjadikan hubungan kita makin dekat. Apalagi kita ini akan makhluk sosial yang nggak bisa dijauhkan satu dengan yang lainnya. Yuk mulai perluas relasi kita, siapa tahu lewat berinvestasi dengan cara ini, kita jadi bisa belajar jauh lebih banyak hal lagi.

3.  Investasi untuk jadi ahli

Banyak pakar yang gemborkan kita untuk memperluas kapasitas diri dengan belajar. Mengasah kemampuan, pengalaman dan menggali hal-hal baru adalah cara kita untuk memperluas kapasitas diri. Cara ini juga dapat menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Kemampuan kita ini harus terus diasah dan dikembangkan. Untuk menjadi seorang ahli, kita perlu belajar dan tekun dalam melakukan hal tersebut berulang-ulang kali.

4. Investasi hubungan bersama Tuhan

Kalau poin ini, Jawaban sendiri yang menambahkannya. Percaya deh, kalau kita sudah berada dalam perkenanan Tuhan, kayaknya apa aja jadi lebih mudah dan damai sejahtera saat dijalaninya. Makanya nih, mulai sekarang, coba tanyakan lagi sama Tuhan tentang mauNya dalam kehidupan kita.

Hayo, coba cek kembali soal investasi mana yang belum kita lakukan. Investasikan uang kita itu penting, tetapi investasi empat hal di atas juga nggak kalah penting, lho!

Sumber : CNBC | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami