Harus Waspada, Diabetes Tipe 1 Berisiko Ibu Lahirkan Anak Dengan Autisme, Lho

Health / 12 July 2018

Kalangan Sendiri

Harus Waspada, Diabetes Tipe 1 Berisiko Ibu Lahirkan Anak Dengan Autisme, Lho

Inta Official Writer
2650

Peneliti mengemukakan kalau wanita dengan penyakit diabetes tipe 1 memiliki risiko yang lebih tinggi dalam melahirkan anak autisme. Masih belum jelas alasannya, tapi tingkat glukosa bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Hal ini dikemukakan oleh sebuah studi dari Kaiser Permanente di California. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

Penyebab autisme hingga kini masih misterius

Meskipun masih misterius, beberapa tahun terakhir ini penelitian telah menunjuk ke arah hubungan antara kondisi, sistem kekebalan tubuh dan perkembangan otak janin. Penelitian dari Kaiser Permanente menunjukkan kalau peradangan, kadar racun glukosa dan efek sistem kekebalan dari semua jenis diabetes yang diderita oleh sang ibu bisa berisiko meningkatkan kemungkinan anak menderita autisme sebanyak dua kali lipat.

Diabetes tipe 1 jauh berisiko dibandingkan jenis diabetes lainnya

Diabetes tipe 1 merupakan sebuah penyakit menahun yang terjadi saat pankreas tidak memproduksi cukup insulin, atau ketika tubuh menggunakan insulin secara tidak efektif.

Para peneliti mengatakan kalau wanita yang memiliki diabetes tipe 1 selama kehamilan berisiko lebih besar memiliki keturunan dengan autisme dibandingkan dengan ibu dengan diabetes tipe 2 atau diabetes gestasional.

Hasil penelitian

"Hasilnya tidak mengherankan, karena diabetes tipe 1 umumnya dianggap lebih parah dibandingkan tipe 2 atau gestasional," ungkap salah satu peneliti biostatistik di departemen penelitian Kaiser Permanente, Anny H. Xiang, PhD. "Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan autisme. Mengalami diabetes selama kehamilan bisa menjadi salah satu dari banyaknya faktor.

Xiang dan rekan-rekannya mengumpulkan data dari 419.425 anak yang lahir pada 28 hingga 44 minggu kehamilan antara tahun 1995 hingga 2012.

Anak-anak tersebut dipantau sejak lahir sampai mengalami diagnosis klinis dengan gangguan spektrum autisme, tanggal terakhir mereka di rumah sakit, atau waktu kematian mereka. Secara keseluruhan, 621 dari anak-anak yang diteliti terkena diabetes tipe 1. 9453 lainnya terkena diabetes tipe 2.

Baca juga: Simpan Uangmu! Tanpa Pakai Produk Skincare Mahal, Yuk Dapatkan Kolagen Dari 5 Makanan Ini

Selain itu, 11.922 orang didiagnosis menderita diabetes sebelum 26 minggu kehamilan. 24.505 lainnya didiagnosis terkena diabetes setelah 26 minggu kehamilan. Studi kemudian menemukan bahwa baik mereka yang menderita diabetes tipe 1, 2 atau gestasional semuanya berisiko memiliki keturunan dengan gangguan spektrum autisme.

Anak-anak dalam penelitian ini, 5.827 menerima diagnosa gangguan spektrum autisme pada usia sekitar 6 tahun. Anak-anak yang ibunya menderita diabetes tipe 1 memiliki kemungkinan autisme tertinggi.

Xiang sendiri mengatakan kalau penelitian lebih lanjut diperlukan, walaupun pihaknya menyadari kalau kadar glukosa juga ikut berperan menjadi penyebab autisme. Xiang juga berpesan pada para wanita untuk bisa mengendalikan glukosa, terutama saat hamil agar bisa melahirkan anak yang sehat. 

Sumber : healthline
Halaman :
1

Ikuti Kami