Bukan Cuma Punya Fasilitas Olahraga, 6 Rumah Ibadah Ini Juga Ada Dekat Lokasi Asian Games
Sumber: Liputan6.com

Nasional / 21 June 2018

Kalangan Sendiri

Bukan Cuma Punya Fasilitas Olahraga, 6 Rumah Ibadah Ini Juga Ada Dekat Lokasi Asian Games

Lori Official Writer
3096

Sebagai kota yang dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan olahraga Asian Games 2018, Palembang mulai berbenah diri. Tak cuma membenahi fasilitas olahraga yang akan digunakan selama perhelatan tersebut. Tapi pemerintah setempat juga sudah mulai merampungkan enam rumah ibadah yang dibangun dekat dengan lokasi Asian Games di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

“Ini merupakan salah satu syarat non kompetisi yang harus dipenuhi ruan rumah Asian Games 2018. Lokasi yang berdampingan juga merupakan ide Gubernur Sumsel (Sumatera Selatan) Alex Noerdin, untuk mencerminkan kerukunan antar umat beragama,” kata Eki Arsitra Rizky, Pejabat Pembuat Komitmen Asean Games 2018.

Ada enam rumah ibadah yang dibangun di sana, diantaranya Gereja Protestan, Gereja Katolik, Masjid, Pura, Vihara dan Kelenteng. Sebelum perhelatan Asean Games 2018 nanti, pembangunan rumah ibadah ini dipastikan sudah rampung dan bisa dugunakan. Sampai saat ini, pembangunannya sudah mencapai 80 persen.

Eki menyebutkan, pemilihan lokasi yang berdekatan dengan venue Asean Games memang adalah unsur kesengajaan. Selain untuk mempermudah olahragawan menjalankan ibadahnya, rumah ibadah ini juga diharap menjadi simbol kerukunan di Palembang.

Baca Juga :

Ternyata Bali Punya Wisata 5 Agama di Satu Kompleks Loh. Mau Tahu Apa, Yuk Baca Artikel Ini…

Nggak Cuma Bali, Sulawesi Utara Juga Punya ‘Tugu Toleransi’ Jadi Wisata Religi Andalan

Makin Akur dan Bikin Hati Teduh, Surabaya Bangun Enam Rumah Ibadah Berdampingan Ini Loh…

Sementara para tokoh agama Palembang menyambut baik pembangunan tersebut. “Beberapa ketua dari persatuan agama menyambut baik bangunan rumah ibadah ini. Ada beberapa waktu lalu, dari PHDI (Persada Hindu Dharma Indonesia) merespon positif kehadiran pembangunan Pura yang berdampingan dengan rumah ibadah umat Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Konghucu,” lanjutnya.

Jadi, Palembang adalah salah satu kota yang punya kompleks rumah ibadah enam agama yang diyakini di Indonesia. Kalau sebelumnya kita tahu kota-kota lain juga sudah terlebih dahulu punya, sebut saja Bali, Manado, Medan dan juga Surabaya.

Sumber : Liputan6.com/Viva.co.id
Halaman :
1

Ikuti Kami