Isi Libur Lebaran Dengan Hiking ? Jangan Lupa 5 Langkah Dibawah Ini Sebagai Persiapan!
Sumber: Entrepreneur.com

Entertainment / 11 June 2018

Kalangan Sendiri

Isi Libur Lebaran Dengan Hiking ? Jangan Lupa 5 Langkah Dibawah Ini Sebagai Persiapan!

Naomii Simbolon Official Writer
2651

 

Apakah kamu punya rencana mau menghabiskan weekend atau liburan lebaranmu untuk mendaki akhir pekan ini?

Memulai mendaki tanpa perencanaan alat-alat daki, persediaan medis dan informasi yang tepat sepertinya akan meninggalkan sebuah pengalaman yang buruk deh!

Tidak hanya itu, malah bisa berakibat fatal buat keselamatan kamu, bahkan hidup kamu sendiri.

Wih! Nggak banget.

So, biar pengalaman mendaki kamu menciptakan kenangan yang indah, sebaiknya lakuakn 5 langkah dibawah ini minimal. Supaya perjalanan hiking kamu sukses!

1. Periksa area yang ingin kita daki

Sebelum mendaki, pastikan bahwa kamu memiliki informasi yang akurat dan terbaru mengenai area yang hendak kamu daki.

Kamu juga harus tahu perkiraan cuaca yang bagus, dan aturan serta peraturan dalam lokasi tersebut.

Mulailah dengan mencari informasi yang resmi entah itu dari situs web, membaca buku panduan, dan mempelajari aturan dan rekomendasi dari beberapa orang yang sudah pernah mendaki kesana atau sekitar tempat yang ingin kamu daki.

Setelah mendapatkan info, mulailah untuk merencanakan perjalanan kamu dengan bikin peta. Carilah forum komunitas atau kelompok diskusi para pendaki dan suka berkemah yang sering mendaki ke area dakian kamu. Mungkin mereka mengetahui beberapa hal tentang lokasi makan atau keran dan beberapa makanan yang bisa kamu makan saat kamu mendaki.

2. Mulai melatih batas fisik kamu

Siap-siap melakukan perjalanan panjang dan mendaki itu membutuhkan tenaga yang kuat. Pastikan kalau tubuh kamu sudah siap. Mulai tantang tubuhmu dengan pergi ke gym dan lari-lari di wilayah sekitaranmu.

Bila perlu, kamu bisa bertanya kepada pelatih gym untuk bantuan latihan untuk memperkuat kaki kamu. Karena ini penting banget ketika kamu mendaki untuk memperkuat ketahanan kaki kamu.

3. Jaga kaki kamu dan carilah sepatu hiking yang tidak mudah rusak

Kaki adalah harta terpenting yang wajib kamu jaga sebelum hiking. Pastikan kaki kamu baik-baik saja dan pastikan juga sepatu yang kamu ingin gunakan kuat dan bagus untuk melindungi kaki kamu.

Beli beberapa pasang kaus kaki yang khusus dirancang untuk mendaki gunung. Yang hangat dan tidak terlalu tebal, yang bisa melembabkan kaki kamu dan jangan lupa untuk ganti kaus kaki sekali sehari.

4. Miliki sistem navigasi yang baik dan benar

Pertama, jangan pernah memulai mendaki gunung jika kamu tidak memiliki salinan peta yang akurat yang bisa membantu kamu. Atau paling tidak kamu harus memiliki alat dan sistem yang bisa membantu kamu untuk mengarahkan jalan dengan benar.

Cari dan belilah aplikasi yang dirancang khusus untuk pendaki, misalnya kompas dan pastikan kamu mengetahui bagaimana cara menggunakan dan melihatnya.

5. Buat rencana untuk isi ulang air kamu supaya nggak dehidrasi

Pas kamu merencanakan perjalanan kamu untuk mendaki, adalah sangat penting untuk bikin rencana agar kamu tetap terhidrasi dengan baik.

Ingat bahwa kamu nggak boleh sembarangan buang air dari botol kamu gitu saja. Kamu perlu meminimalis pengeluaran air agar tidak kehausan.

Kemudian kamu perlu memetakan dimana tempat-tempat yang bisa isi ulang persediaan air kamu. Kalau kamu nggak yakin bahwa akan ada sumber air bersih yang bisa diminum, maka kamu perlu mempersiapkan sedotan penyaringan air agar tidak kesulitan untuk mencari air yang bersih. Penyaringan itu akan membantu kamu jika sewaktu-waktu kamu tidak menemukan air bersih dalam kondisi haus banget.

Mendaki dan berkemah bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan luar biasa  di hari liburan ini. Simpan 5 kiat di atas untuk dapat dimanfaatkan setiap melakukan perjalanan hiking. Enjoy!  

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami