Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
1139


Alkitab merupakan pedoman agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih dekat lagi dengan Tuhan. Bahasan dalam Alkitab mencakup berbagai aspek dalam kehidupan. Alkitab membahas parenting, pernikahan, hubungan sampai finansial. berikut adalah empat pendekatan Alkitabiah mengenai bagaimana kita harus menyikapi uang dalam kehidupan.

1.  Menyimpan uang

Amsal 21:20, "Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya."

Orang bijak tidak akan menghabiskan apa yang dimilikinya sekaligus, mereka akan menyisihkannya untuk hari-hari yang hujan. Tidak ada hari yang sama, terkadang kita menghadapi hari yang cerah, terkadang hujan.

Kalau menghabiskan seluruh uang yang dimiliki sekaligus, kita tidak akan punya apa pun jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak menguntungkan. Tidak ada yang bisa menebak masa depan, karenanya kita harus siap menghadapi rintangan atau kondisi tak terduga dengan menghemat apa yang kita miliki, khususnya uang.

2. Serakah dan mendapatkan uang dengan cata yang curang akan membawa celaka

Amsal 15:27, "Siapa loba akan keuntungan gelap, mengacaukan rumah tangganya, tetapi siapa membenci suap akan hidup."

Tidak dapat dipungkiri kalau uang merupakan hal penting dalam hidup ini. Tidak ada yang salah jika ada seseorang yang bekerja keras untuk mendapatkan uang. Tetapi tindakan serakah dan melakukan kecurangan untuk mendapatkan uang akan merugikan diri sendiri dan menyakiti Tuhan.

Uang yang dihasilkan dengan cara mencurangi, mencuri atau membodohi seseorang tidak akan berguna bagi kehidupan kita. Bahkan, kita bisa bilang kalau uang jenis ini tidak membawa kepuasan, malah mengantarkan kepada masalah dan dosa.

3. Mengabdikan diri untuk uang berarti harus siap kehilangan segalanya

Amsal 23:4-5, "Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkanlah niatmu ini. Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali."

Ayat diatas sangat relevan dengan kehidupan milenial. Rasanya, harta kekayaan menjadi sesuatu yang sangat penting, sehingga kita tanpa sadar hidup untuk mengejar uang. Padahal, kita tahu kalau kehidupan bukanlah melulu tentang uang. Ada orang yang mengorbankan hubungannya dengan sesama, kehilangan waktunya, hanya agar punya waktu lebih banyak untuk menghasilkan uang.

Kehidupan itu tidak pasti. Boleh jadi uang yang kita miliki sekarang akan habis untuk besok pagi. Jadi, pahamilah kalau ada banyak hal yang jauh lebih berharga dibandingkan dengan mengorbankan diri sendiri untuk mendapatkan lebih banyak uang.

4. Menolong sesama

Lukas 12:33-34, "Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di sorga yang tidak akna habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan tidak dirusakkan ngengat. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada."

Memberi memberikan kepuasan tersendiri bagi jiwa kita. Memberi menunjukkan kalau kita tidak terikat terhadap uang atau harta yang kita miliki. Hal ini juga mengajarkan kita untuk terus bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan terhadap hidup ini.

Ketika memberi, kita belajar kalau mengumpulkan uang bukanlah satu-satunya tujuan hidup kita, tetapi ada hal yang lebih penting dari pada hal itu, yaitu mengasihi sesama dengan memberikan sedikit dari kepunyaan kita.

Tuhan tidak mau kita dikuasai oleh hal lain selain Roh Kudus, karenanya Alkitab banyak membahas mengenai bagaimana kita bisa mengelola uang dengan bijak. Alkitab juga menuntun kita kepada pepatah, "Uang adalah hamba yang baik, tetapi tuan yang buruk." Melalui setiap tindakan kita, tunjukkan kepada Tuhan kalau kita menempatkan iman percaya lebih dulu dibandingkan dengan kekayaan.

Sumber : marriage.com/jawaban


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

advertise with us