Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Admin Spiritual

Official Writer
14662


Ada banyak orang yang merasa sulit memahami konsep tentang Tritunggal, sementara itu ada beberapa orang yang merasa paham tentang Tritunggal, ternyata sulit menjelaskan. Masalahnya adalah apakah konsep Tritunggal itu memang sulit di pahami ? berikut kajian tentang Tritunggal.

Beberapa hal yang membuat konsep Tritunggal sulit dipahami adalah:

  • Memahami pengertian satu sebagai satu yang absolut tunggal ( satu adalah satu )
  • Sudah memiliki pemahaman anti konsep Tritunggal
  • Tidak mau ambil pusing masalah doktrin agama
  • Kurangnya pengajaran akan konsep Tritunggal yang benar.


Sebenarnya, jika seseorang mau memahami doktrin Tritunggal mereka harus juga mau membaca Alkitab dengan teliti dan cermat. Beberapa pertanyaan tentang Tritunggal pasti akan terjawab melalui membaca Alkitab.

Ayat-ayat berikut akan menjawab pertanyaan tentang Tritunggal:
Apakah surga kosong karena Allah menjadi manusia? Jelas tidak dalam Matius 3:15-17 menjelaskan tentang konsep Tritunggal ; Yesus selesai di baptis dan ada Roh Kudus yang menyerupai burung merpati dan ada suara Bapa di Surga. Jadi, jelas surga tidak kosong karena Tuhan menjadi manusia di dunia.

Ajaran Tritunggal bukan berasal dari Alkitab? Dari ayat diatas jelas konsep Tritunggal itu berasal dari ajaran Alkitab. Didalam Allah yang Esa itu terdapat tiga pribadi yang setara dan kekal yaitu Bapa, Anak, dan Roh kudus. Itulah rahasia terbesar yang dapat diketahui manusia tentang diri Allah. Rahasia ini dapat kita ketahui oleh karena Allah sendiri yang menyatakannya dalam Alkitab dan bukan hasil pemikiran manusia. Ditambah lagi dengan Matius 28:19-20 sebagai syarat pembaptisan. 1Petrus 1:2 sebagai salam Berkat Pembuka dalam surat Rasul Petrus. 2 Korintus 13:13 sebagai salam Berkat Penutup dalam surat Rasul Paulus.

Satu tidak mungkin menjadi Tiga? Orang Kristen memang menyembah Allah yang Esa jelas tertulis dalam Alkitab (Ulangan 6:4, 1 Timotius 2:5, dan Yesaya 44:6). Tetapi bukan berarti satu tidak mungkin jadi tiga karena sebagaimana kita tahu satu tidak absolut tunggal. Satu bisa juga berarti jamak seperti air, udara, api, awan, angin, dsb. Bisakah kita menyebutnya satu air atau satu angin karena pada kenyataannya air atau angin itu satu tetapi jamak (banyak). Demikian juga dengan Allah yang adalah Roh, Roh itu seperti angin tidak terlihat tetapi dapat dirasakan. Allah menyatakan dirinya kepada kita sebagai satu yang jamak. Jadi, tidak perlu heran atau pusing kalau Allah menyatakan dirinya dalam konsep Tritunggal, atau konsep satu yang jamak.

Apakah Tuhan bisa mati? Tuhan tentu saja tidak bisa mati. Perlu diingat Yesus adalah Tuhan yang menjadi manusia sejati. Artinya ia merasa lapar, haus, tumbuh dari bayi sampai menjadi orang dewasa. Sebagai manusia jelas Yesus bisa mati, tetapi sebagai Tuhan tentu saja Ia tidak bisa mati. Karena itu Yesus bangkit dari kematian karena memang Tuhan tidak mungkin mati yang mati adalah diriNya sebagai manusia.

So, dari penjelasan ini semoga dapat membantu anda untuk memahami konsep Tritunggal dengan lebih mudah dan jelas. Ingatlah doktrin ini ada bukan karena pemikiran manusia tetapi karena Tuhan mau kita mengenal siapa diriNya sesungguhnya. Jadi, jangan buat yang mudah jadi sulit karena kita mau mencoba mengkonsep Tuhan menurut maunya kita sendiri. Tuhan memberkati.

Sumber : Sumber: Ricky Harlim - CBNI

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wahyu hlw 6 December 2019 - 00:19:01

Mengapa Musa tidak memasuki tanah kanaan

0 Answer

Irsan 13 5 December 2019 - 20:31:44

Bidang yg dibahas ekonomi berfokus pada

0 Answer

Icha Vedani 4 December 2019 - 22:12:48

Intan pariwara kelas 11 semester 1

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

Banner Mitra November Week 4