Cari Pesawat MH370, Bisa Gunakan Situs Ini

Nasional / 15 March 2014

Kalangan Sendiri

Cari Pesawat MH370, Bisa Gunakan Situs Ini

Lois Official Writer
4596

Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370, tidak hanya melibatkan mereka yang terjun langsung ke lapangan seperti pasukan militer, otoritas penerbangan, dan kapal laut dari berbagai negara. Namun, para pengguna internet pun bisa turut membantu mencari pesawat yang hilang ini.

Sukarelawan dunia maya turut serta mencari lokasi jatuhnya pesawat bukan dengan turun ke lapangan, melainkan dengan menjelajahi pencitraan satelit yang diambil oleh DigitalGlobe, sebuah perusahaan penginderaan jauh asal Colorado, Amerika Serikat.

Sejauh ini pencitraan satelit DigitalGlobe sudah mengunggah 1.300 kilometer per segi pencitraan dalam situs Tomnod, dan terus bertambah. Setidaknya lebih dari 25 ribu sukarelawan telah ikut serta untuk membantu pencarian pesawat. Dampaknya situs berulangkali mengalami error.

Saat seseorang masuk ke situs Tomnod dan zoom ini pada tiap pencitraan satelit dan meletakkan sebuah penanda di titik tertentu yang diperkirakan sebagai pesawat tersebut, maka situs nantinya akan secara otomatis menandai temuan. Untuk temuan yang sama dengan sukarelawan lainnya, maka sistem pun akan menandainya.

Temuan itu kemudian diunggah ke situs Tomnod dan akan diseleksi dan dianalisis para ahli. Sepuluh temuan paling signifikan akan dikirimkan ke otoritas Malaysia. Pencarian melalui situs Tomnod untuk bencana bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, situs ini juga digunakan untuk pencarian objek penting saat terjadi Topan Haiyan, Filipina, November 2013 lalu.

 


Baca juga :

Daripada Tabungan Bersama Untuk Menikah, Lebih Baik Lakukan Ini

Recharge Your Soul : Keajaiban Cinta

FreedomPop Buat Telepon Pintar Anti Penyadapan

Tersenyumlah Jika Ingin Sehat

Tips Punya Keuangan Lebih Oke Meskipun Freelance

Jika Jatuh Cinta Pada Suami Orang

Sumber : viva.co.id by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami