Para Pendeta dan Agamawan di Ukraina Turun Ke Jalan
Sumber: www.nydailynews.com

Nasional / 6 March 2014

Kalangan Sendiri

Para Pendeta dan Agamawan di Ukraina Turun Ke Jalan

daniel.tanamal Official Writer
5563

Demonstrasi berdarah yang terjadi di Ukraina mengundang para kaum pendeta dan agamawan setempat untuk turun ke jalan. Bukan untuk ikut berdemo, mereka justru mendoakan para demonstran dan para pasukan keamanan yang saling berhadap-hadapan ini.

Kaum agamawan itu berasal dari Ortodoks Timur yang berasal dari Patriarkat Moscow ataupun para pemimpin agama dari Katholik Yunani. Aksi mereka ketika mendoakan para demonstran dan pasukan anti huru-hara menjadi obyek utama para pewarta foto.

Kebanyakan mereka berada di tenda-tenda para demonstran yang telah berkemah di Kiev Independence Square selama tiga bulan. Sebagian besar membuat rantai manusia yang berada tepat di tengah-tengah garis antara demonstran dan pasukan keamanan.

Hingga saat ini demo anti pemerintah masih berlangsung di Ukraina. Situasi bertambah panas setelah sekutu pemerintah yaitu Rusia mengerahkan pasukan tanpa tanda pengenal danjuga sejumlah pergerak militer yang cukup massif dan diarahkan ke Ukraina.

Arti seorang pemimpin agama dalam situasi konflik sangat besar dampaknya. Selain dapat menurunkan tensi ketegangan, upaya rekonsiliasi dan perdamaian dapat dimungkinkan. Kita berdoa bersama agar kekerasan di bumi Ukraina tidak memanjang.

 

 

Sumber : WashingtonPost | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami