Perangi Rasisme, Boni Hargens Perkenalkan Ruhutisme
Sumber: Liputan6.com

Nasional / 9 February 2014

Kalangan Sendiri

Perangi Rasisme, Boni Hargens Perkenalkan Ruhutisme

daniel.tanamal Official Writer
4130

Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens memperkenalkan sebuah istilah baru untuk memerangi tindak rasisme. Istilah itu adalah Ruhutisme, mengambil nama dari anggota Partai Demokrat Ruhut Sitompul yang dinilai kerap menyinggung permasalahan rasisme di ranah publik.

"Ruhutisme adalah sistem berpikir yang kacau dan ngawur. Yang tidak didasarkan pada penalaran silogistis yang berbasis data yang akurat. Yang secara tendensius menyerang lawan bicara secara personal dan bahkan menyerang lawan bicara secara irasional dengan menghina identitas ras dan etnik (lawan) yang bersangkutan," kata Boni di Gallery Cafe Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (9/2).

Inisiator Gerakan Nasional Anti-Diskriminasi (Granad) ini menjelaskan bahwa Ruhut dalam komunikasi politiknya kerap melontarkan pernyataan rasis secara berulang-ulang. Dirinya mengkhawatirkan bahwa perilaku semacam ini jika dibiarkan nantinya menjadi sebuah sistem berpikir yang akan ditiru banyak orang.

"Tindakan yang berulang-ulang ini menjadi preseden yang kuat untuk menarik kesimpulan bahwa kengawuran yang dilakukan Ruhut Sitompul yang juga seorang pengacara itu merupakan satu jenis sistem berpikir. Inilah konteks historis kenapa terminologi (istilah) mengapa Ruhutisme muncul," tambahnya. 

Seperti diketahui, Ruhut Sitompul telah beberapa kali melontarkan pernyataan rasisme. Salah satunya dengan menyerang Boni dengan menyebut warna kulitnya yang hitam, dikaitkan dengan hitamnya lumpur lapindo pada sebuah acara di salah satu televisi swasta nasional. Boni bereaksi dengan melaporkan tindakan ini kepada kepolisian dan kini tengah masuk pada penyidikan.

 

Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami