Pecandu Smartphone Dihimbau Gunakan Jam Tangan

Nasional / 9 February 2014

Kalangan Sendiri

Pecandu Smartphone Dihimbau Gunakan Jam Tangan

Yenny Kartika Official Writer
6103

Data yang dihimpun Universitas Bonn, Jerman, terkait pengguna smartphone yang kecanduan, menunjukkan angka yang memprihatinkan. Banyak orang yang mengecek ponsel mereka sampai 80 kali setiap harinya.

Kecanduan semacam ini rupanya tak ditemukan beberapa tahun lalu. Asisten profesor komputer sains Alexander Markowetz dari Universitas Bonn menyebut perilaku kecanduan smartphone ini antara lain mengecek Facebook terus-menerus, membaca berita, melihat WhatsApp, dan bermain game online.

Markowetz dan timnya melakukan riset selama 6 minggu terhadap 50 responden yang merupakan mahasiswa di Universitas Bonn. Christian Montag, salah satu anggota tim riset, menemukan dua aspek yang mengejutkan. “Aspek pertama, orang-orang mengaktivasi ponsel mereka 80 kali per hari, yang berarti orang itu sedang online atau berpikir untuk online lagi. Fakta selanjutnya yang mencengangkan adalah fitur klasik seperti menelepon atau mengirim SMS hanya menjadi bagian kecil dari penggunaan ponsel zaman sekarang,” ujar Montag seperti dilansir dari Deutsche Welle, Jumat (7/2).

Perilaku kecanduan smartphone juga berbeda di level gender. Pria lebih sering menggunakan ponsel untuk bermain, sementara wanita menghabiskan banyak waktu di jejaring sosial. WhatsApp adalah aplikasi yang menyita banyak perhatian pengguna, yakni sebesar 15 persen. Sekitar 25 persen partisipan menghabiskan minimal 2 jam untuk berinteraksi dengan ponsel mereka.

Montag menghimbau para pecandu smartphone untuk menggunakan jam tangan, terutama jika mereka tidak memperhatikan jam di layar ponsel. Jam tangan diharapkan bisa mengingatkan mereka akan banyaknya waktu yang dihabiskan untuk beraktivitas online.

“Jadi bagi siapapun yang berpikir mereka sudah kecanduan smartphone, mulailah memakai jam tangan lagi, karena ini akan mengurangi perilaku smartphone seseorang hingga separuhnya,” jelas Montag.

Smartphone dan segala aplikasi yang terkandung di dalamnya diciptakan untuk memudahkan penggunanya. Oleh karena itu, kita harus bisa mengontrol cara kita menggunakan smartphone sehingga perangkat itu tidak menguasai kita. 

 

BACA JUGA:

9 Bahaya Ini Mengintai Jika Anda Terlalu Banyak Tidur

Xavi Akan Nonton Sepak Bola Seumur Hidup

Sibuk Manggung, Raisa Tak Rayakan Valentine

I Forgave My Mother's Murderer

VIDEO: Usir Setan via Skype, Metode Terbaru Atasi Kesurupan

Tuhan Itu Kreatif!

Sumber : dw.de/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami