Pembiaran Sikap Intoleransi Akan Berdampak Negatif

Nasional / 24 January 2014

Kalangan Sendiri

Pembiaran Sikap Intoleransi Akan Berdampak Negatif

daniel.tanamal Official Writer
8295

Sikap intoleransi di Indonesia yang terjadi dalam beberapa tahun ini yang didominasi pelanggaran dalam kebebasan beragama, dinilai Ketua Moderate Muslim Society, Zuhairi Misrawi sebagai potret intoleransi yang cukup besar dan meluas.

Menurut Zuhairi salah satu contoh kasus sikap intoleransi yang terjadi dan paling banyak adalah di Jawa Barat. “Provinsi Jawa Barat merupakan tempat terbesar terjadinya peristiwa intoleransi kebebasan beragama. Masalah Syiah di Jawa Timur itu ada karena tidak selesai di Jawa Barat," tuturnya.

Dirinya menuturkan, kasus GKI Yasmin, Syiah dan Ahmadiyah adalah contoh intoleransi yang terjadi di Jawa Barat. Jika kasus intoleransi di Jawa Barat ini didiamkan atau dibiarkan, dikhawatirkan akan merembet ke daerah lain di Indonesia. "Kita khawatirkan dampak negatif dari pembiaran intoleransi kebebasan beragama," ucapnya.

Untuk itu Zuhairi mendesak agar pemerintah mengambil langkah tegas mengenai intoleransi tersebut. Menurutnya, Presiden dan Menteri Agama adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas intoleransi kebebasan beragama.

 

Sumber : Tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami